Home » News » Hiburan » Sosial Budaya » 2 Jamaah Haji Indonesia Tersesat Hingga Jabal Uhud

2 Jamaah Haji Indonesia Tersesat Hingga Jabal Uhud

Madinah, Tengokberita.com –Setiap musim haji selalu saja ada jamaah haji Indonesia yang tersesat saat berada di Masjid Nabawi, Madinah.  Kali ini pun menimpa dua jamaah. Mereka tersesat hingga  ke Jabal Uhud dan Masjid Qiblatain.

Kalau tersesat sudah pasti ada. Tiap tahun seperti itu,” ujar Kepala Seksi Perlindungan Jamaah  Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ali Nurrokhim, Minggu (13/8/2017) malam. Bahkan, lanjut dia, Jamaah yang tersesat ke Jabal Uhud ditemukan dalam kondisi hampir pingsan karena serangan cuaca panas. Beruntung , jamaah  Indonesia yang tersesat itu ditemukan oleh warga lokal, karena  jamaah  tersebut menggunakan  penanda seperti tas, gelang, dan identitas lainnya. Kendati demikian, tak dijelaskan identitas dari dua jamaah yang tersesat hingga mencapai 7 km tersebut. Menurutnya, biasanya, jamaah yang tersesat di Masjid Nabawi ditangani Linjam Sektor Khusus (Seksus).  Jamaah Indonesia yang tersesat itu, menurut dia, umumnya karena lupa jalan keluar atau pintu masuk menuju masjid.

Sementara itu, personel perlindungan jamaah terdiri dari anggota TNI-Polri. Total personel di Daker Madinah  28 orang. Mereka ditempatkan di 5 sektor pemondokan sekitar Masjid Nabawi plus 1 sektor khusus.  Dengan hanya 28 orang maka pergerakan mereka tentu terbatas untuk memantau dan mendampingi jamaah yang jumlahnya mencapai puluhan ribu itu.

Gelombang jamaah haji Indonesia yang mendarat di Madinah sudah berakhir, Sabtu (12/8/2017). Sebagian besar jamaah sudah bergerak menuju  ke Mekah secara bergelombang. (dtc/rot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Meresahkan, Situs Nikahsirri Diblokir

Jakarta, Tengokberita.com-Keberadaan situs nikahsirri.com dinilai cukup meresahkan masyarakat. Pasalnya, lewat situs ini memungkinkan pengguna untuk ...

2 Jamaah Haji Indonesia Tersesat Hingga Jabal Uhud

Tengok Berita redaksi Berita Hari ini: 1 min
0