2 Tahun Tengokberita.com: Berita Bernas Demi Mencerdaskan Bangsa

996

Edukasi, Tengokberita.com – Sahabat Tengokberita.com yang kami muliakan, 2 Mei bagi kami adalah tanggal sakral. Sebab pada tanggal 2 Mei 2016, tengokberita.com hadir untuk pertama kalinya menyapa Anda di jagat maya lewat sajian pemberitaan.

Ibarat manusia, kami memang masih bayi, yang masih terus berbenah untuk bisa tumbuh secara sempurna. Dalam proses pertumbuhan itu, kami terus menggeliat untuk mencari format pemberitaan yang tepat di tengah melesatnya perkembangan zaman.

Kami sadar, di era digital seperti sekarang ini, informasi dengan segala jenis dan rupanya begitu mudah dan cepatnya beredar di masyarakat dan berseliweran di jejaring media sosial (medsos). Kebenaran dan ketidakbenaran yang hendak disampaikan lewat aneka informasi yang kini berseliweran di ruang medsos itu kini menjadi bias.

Sekatnya begitu tipis, sehingga banyak masyarakat begitu mempercayai dan meyakini informasi yang beredar di medsos tadi adalah sebuah kebenaran. Meski di kemudian hari, informasi yang semula diyakini benar itu ternyata terbukti tidak benar.

Kami sadar, di era digital seperti sekarang ini, informasi bisa kehilangan maknanya yang hakiki. Informasi, di tangan orang yang salah, akan menjadi sebuah senjata yang amat berpotensi menghancurkan (destructive information).

Kami tentu tidak mau berada di pusaran itu. Kami pun tentu tidak berkeinginan berada di dalam arena permainan yang menghancurkan itu. Kami hadir justru dengan spirit pencerahan. Itu yang menjadi alasan kenapa kami memilih tanggal 2 Mei sebagai hari kelahiran Tengokberita.com, berbarengan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Bagi kami, informasi merupakan sesuatu amat berharga, yang sudah sangat sepatutnya mendapat perlakuan istimewa untuk tujuan-tujuan positif. Setiap informasi yang masuk, kami saring. Lalu kami olah dan kami diskusikan secara internal.

Pergulatan ide dan olah pikir, berlangsung, memperdebatkan aneka informasi tadi. Jika sudah terjadi titik temu, lahir lah sebuah tema yang kemudian kami kaji dan kami analisa. Untuk melengkapi data, kami pun melakukan riset kecil.

Hasilnya lalu kami sajikan secara apik lewat serangkaian berita yang kami tayangkan selama sepekan. Semuanya bersumber dari informasi.

Sajian pemberitaan kami yang demikian, tidak akan Anda temukan di media online manapun. Sajian kami yang demikian itu, juga sekaligus menjadi jawaban atas segala berita palsu (hoax) yang kini begitu berseliweran di jagat medsos. Itulah yang membedakan tengokberita.com dengan media-media lainnya.

Secara teknis, pola pemberitaan yang kini tengah kami kembangkan di Tengokberita.com memang cukup berat karena membutuhkan energi yang begitu besar. Toh, semuanya kami lakukan demi turut mencerdaskan bangsa sebagaimana spirit Hari Pendidikan Nasional yang setiap tanggal 2 Mei diperingati bangsa Indonesia. Selamat Tinggal Kekelaman. Salam. (red)

Bagaimana menurut pembaca?