Apa Kata Ketua DPR Soal Maraknya Fenomena Hoax?

121

Jakarta, Tengokberita.com- Perkembangan teknologi informasi berdampak positif juga negatif. Salah satu sisi negatif adalah maraknya berita bohong atu hoax.

Terkait ini Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai bahwa hoax merupakan tantangan tersendiri bagi pers Indonesia untuk menyajikan berita yang benar dan akurat.

Tantangannya jauh lebih berat dan pelik karena wartawan harus bekerja lebih cepat untuk menyajikan informasi yang benar dan akurat. Kebenaran dan akurasi menjadi harga mati, agar informasi yang disajikan wartawan tidak menjadi hoax,” kata Ketua DPR Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/2/2018).

Bamsoet yang juga mantan jurnalis menilai bahwa media yang dikelola oleh wartawan tetap menjadi andalan publik untuk mendapatkan informasi yang akurat. Namun tantangannya semakin berat dan pelik karena akumulasi dan arus informasi ibarat debu yang bertebaran setiap harinya.

Menurut dia, maraknya hoax karena pers saat ini belum cukup sigap merespons isu yang berkembang. Fenomena inilah yang kemudian dijadikan alat bagi pihak-pihak tertentu untuk menyebarkan berita bohong ke publik. Kondisi ini harus dianggap sebagai tantangan bagi dunia pers, khususnya wartawan.

“Dibutuhkan kesigapan atau sensitivitas terhadap isu-isu yang beredar di ruang publik. Peran wartawan pada dasarnya bisa mereduksi hoax,” pungkas dia. (nug/rot)

Bagaimana menurut pembaca?