Artis dalam Pusaran Narkoba, dari Jedun Hingga Duta Anti-Narkoba

50

Lifestyle, Tengokberita.com – Kehidupan artis yang glammour, selalu menjadi sasaran target para pengedar narkoba. Artis dan narkoba, begitu lekat. Tak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Sudah banyak artis Indonesia yang terjerat narkoba. Sepanjang 2018 yang baru menapaki bulan April saja, setidaknya sudah enam artis tercyduk polisi terkait kasus narkoba. Siapa saja mereka?

1.Jennifer Dunn

Pada awal Januari 2018 Jennifer Dunn terciduk polisi di rumahnya di Jl Bangka XIC, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu (31/12/2017) pukul 17.30 WIB. Jennifer Dunn kedapatan memiliki narkoba jenis sabu seberat 1 gram yang dipesan melalui pengedar narkoba berinisial FS.

Dari hasil pemeriksaan FS, Jedun diketahui sudah sering memesan sabu. Jennifer berurusan dengan polisi terkait narkoba bukan yang pertama. Pada 2009, Jennifer pernah mendekam di penjara selama 4 tahun atas kepemilikan ekstasi dan bebas pada 2012.

Pada sidang perdana Jennifer Dunn, jaksa penuntut umum membacakan dakwaan untuk Jennifer Dunn. JPU mendakwa Jennifer Dunn dengan pasal berlapis.

Jaksa penuntut umum membacakan pasal-pasal yang menjerat Jennifer Dunn. Pasal 114 ayat 1, Pasal 112 ayat 1 juncto Pasal 132 ayat 1, dan Pasal 127 ayat 1 huruf Undang-Undang RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Jennifer Dunn tercatat tiga kali ditangkap polisi karena kasus narkoba. Jedun pertama kali berurusan dengan polisi saat usianya masih 15 tahun. Ia ditangkap pada 2005 karena terciduk memiliki ganja.

Kedua, Jedun kembali tertangkap mengonsumsi narkoba pada Oktober 2009. Polisi menggerebek kos Jedun di kawasan Jeruk Purut, Jakarta Selatan dan menemukannya sedang berpesta seks dan narkoba. Saat itu, Jedun kedapatan menyimpan tujuh butir ekstasi di rumah kontrakannya. Sementara di kamar manajernya ditemukan satu paket sabu dan alat hisapnya.

Jedun disangka melanggar Pasal 65 UU no 5 tahun 1997 tentang Psikotropika dan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat, dia dijatuhi hukuman 4 tahun penjara.

2.Fachri Albar

Fachri Albar ditangkap Polres Jakarta Selatan karena kepemilikan narkoba jenis sabu. Tertangkapnya Fachri Albar menambah daftar hitam selebriti yang terjerat kasus narkoba. Fachri jadi selebriti kedua setelah Jeniffer Dunn yang tertangkap awal Januari silam.

Fachri ditangkap Polres Metro Jakarta Selatan di sebuah rumah di kawasan Cirendeu, tepat pada Hari Valentine, Rabu (14/2/2018), sekitar pukul 07.00 WIB. Polisi mengamankan barang bukti paket sabu, dua papan dumolid dan lintingan ganja.

Atas perbuatannya, Fachri Albar dikenakan Pasal 111, 127, 112 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika. Namun Karena berstatus sebagai pengguna, ia akan kembali menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

(Baca: Parameter Pengguna dan Pengedar dalam UU Narkotika Digodok DPR)

3. Roro Fitria

Belum reda heboh penangkapan Jennifer Dunn, dan Fachri Albar publik kembali dikejutkan oleh penangkapan Roro Fitria di apartemennya.

Roro Fitria ditangkap Direktorat Reserse Narkoba, Polda Metro Jaya di kediamannya di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan pada Rabu (14/2/2018) siang. Roro ditangkap polisi atas dugaan kepemilikan narkotika jenis sabu.

Di sana, polisi membawa barang bukti 2,4 gram sabu. Roro mengaku baru pertama kali memesan sabu secara langsung. Padahal Roro adalah Duta Baladhika Karya atau Duta antinarkoba. Roro dikenakan pasal 114 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (1) Juncto Pasal 132 ayat (1) UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

4. Dhawiya Zaida

Dhawiya Zaida menambah catatan hitam artis yang terjerat narkoba di awal tahun 2018. Dhawiya, yang juga merupakan anak pedangdut Elvy Sukaesih ditangkap di kediamannya di Cawang Jakarta Timur, Jumat (16/2/2018).

Dhawiya, ditangkap setelah polisi mengintai tersangka pacarnya, Muhammad. Dari tersangka Muhammad, polisi menyita 1 klip sabu 0,38 gram sabu yang disimpan di ban pinggang celana. Sedangkan dari Dhawiya ditemukan sabu seberat 0,45 gram di dompet

Manggo. Selain Dhawiya dan Muhammad, kakak Dhawiya, Syehan, juga digiring ke rutan. Sementara itu, istri Syehan, Chairi Gita, yang sedang mengandung, sempat dibawa ke rumah sakit. Chairi disebut akan direhabilitasi.

Selain Dhawiya, ketiga tersangka lainnya yang juga tertangkap terancam hukuman yang sama yakni Pasal 114 ayat 1, Pasal 112 ayat 1, Pasal 127 ayat 1, Pasal 132 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

5. Rizal Djibran

Artis lainnya yang terjerat narkoba dalah Rizal Djibran. Rizal ditangkap di rumahnya di kawasan Bekasi, Rabu (21/2/2018). Dari tangan Rizal, polisi menyita sabu seberat 0,66 gram dalam satu plastik klip bening di sekotak kaleng permen, sebuah cangklong, sebuah pipet, dua sedotan sebagai sendok, sebuah bong berupa botol susu, airsoft gun, kartu klub menembak, dan dua unit handphone Rizal Djibran dijerat Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 Undang Undang Narkotika.

6. Riza Shahab

Pada bulan April ini , tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, kembali mencokok seorang artis yakni Riza Shahab pada Jumat (13/4/2018) dinihari karena kasus penyalahgunaan narkotika. Riza ditangkap di lantai 23 The Wave, Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan. Ia tak sendiri, ada lima kawannya yang juga diciduk petugas.

Mereka Rizka Hijrah Syafitria (27), Rastio Eko Fernando (29), Achmad Reza (27), Santry Napitupulu (31), dan Wedo Satria (23). Saat petugas memeriksa kamarnya hanya ditemukan barang bukti berupa korek api dan bong dari botol yakult dan bekas pipet dari kaca.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Suwondo Nainggolan mengatakan Riza Shahab ditangkap usai mengonsumsi narkoba bersama lima orang temannya. Riza menggunakan metamfetamin dan amfetamin. Mereka diancam Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Selanjutnya akan dilakukan assessment di BNN DKI sehingga mereka bisa direhabilitasi. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?