Awas Steples dalam Kemasan Teh Celup !

67

Jakarta, Tengokberita.com – Meminum teh di pagi hari atau ketika bersantai sepertinya sudah menjadi tradisi di masyarakat. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Meminum teh hangat bisa menambah stamina.

Namun diimbau juga supaya masyarakat tetap waspada, sebab ada beberapa produk teh celup yang masih menggunakan steples dalam kemasan produknya. Bahan yang terbuat dari logam tersebut digunakan untuk merekatkan seutas benang pada kertas tipis pembungkus teh celup.

Jangan sampai logam steples tersebut terlepas dari benang dan kertasnya, lalu ikut terminum. Sejauh ini memang belum dilaporkan ada kasus kejadian. Tetapi tingkat kewaspadaan tetap harus kita perhatikan. Bisa jadi pula, logam yang berada di larutan air panas, bisa berefek tidak baik bagi kesehatan.

Sejumlah produsen teh celup memang sudah meninggalkan penggunaan steples sebagai bahan penguat. Caranya, dengan menambah ukuran kertas pembungkus teh celup. Kelebihan ukuran itu digunakan sebagai bidang perekat bagi seutas benang, tanpa menggunakan bahan apapun sebagai perekat.

Kemasan teh celup tanpa steples

Namun sejumlah produsen teh celup masih menggunakan steples sebagai perekat benang. Penggunaan steples pada teh celup tampaknya harus ditinjau kembali aspek keamanan dan keselamarannya bagi para konsumen.

teh celup dengan steples

Bukan hanya teh, semua makanan dan minuman sudah selayaknya tidak lagi menggunakan steples sebagai penguat bungkus.

Sepertinya kesadaran akan pentingnya menjaga keselamatan konsumen masih belum menjadi prioritas. So, masyarakat umum sebagai konsumen justru yang harus berhati-hati di samping pemerintah turut memberikan pengaturan yang tegas kepada para penguasa makanan dan minuman agar tidak lagi menggunakan steples pada bungkus makanan dan minuman. (Red)

Bagaimana menurut pembaca?