Home » News » Negara » Bahas Krisis Rohingya, Menlu Retno Temui Otoritas Myanmar

Bahas Krisis Rohingya, Menlu Retno Temui Otoritas Myanmar

Jakarta, Tengokberita.com – Tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis rohingya di Myanmar jadi sorotan dunia internasional. Untuk itu, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, bertolak ke Myanmar Minggu (3/9/2017) sore. Langkah ini sebagai respons Indonesia atas krisis kemanusiaan yang tengah terjadi di negara bagian Rakhine tersebut.
Saya akan melakukan perjalanan ke Myanmar. Perjalanan ini adalah perjalanan yang membawa amanah bagi seluruh masyarakat Indonesia agar Indonesia dapat membantu krisis kemanusiaan ini untuk bisa segera diselesaikan,” ujar Retno kepada awak media di Kementerian Luar Negeri, Minggu (3/9/2017).
Namun, lanjut dia,  perjalanan ke Myanmar  tidak hanya membawa amanah masyarakat Indonesia, tetapi juga harapan dunia internasional. Indonesia diharapkan dapat menyampaikan amanah masyarakat Internasional yang juga berharap krisis kemanusiaan ini dapat segera diselesaikan.
Dikatakan  Retno, Indonesia adalah salah satu negara yang merespons dengan cepat  saat gelombang kekerasan baru terjadi di Rakhine. Respons yang sama juga dilakukaan Indonesia saat krisis serupa terjadi di Rakhine pada Oktober lalu.
Bahkan, ungkap Retno, ia merupakan menteri luar negeri pertama yang masuk ke Myanmar dan akan mengadakan pertemuan dengan otoritas negara Myanmar untuk membahas masalah yang terjadi di Rakhine.
(Baca: Presiden Perintahkan Retno Temui Suu Kyi Soal Etnis Rohingya)
Mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu menyebut, Indonesia merespons krisis yang terjadi di Rakhine tak hanya dari pesan-pesan politik, tapi juga melalui hal konkret.
Pada Oktober 2016, pesan-pesan politik kita sampaikan, tetapi kita juga memilih untuk melakukan sesuatu yang konkret dan betul-betul dapat dirasakan manfaatnya bagi orang orang yang mengalaminya, yaitu grass root atau masyarakat yang terkena dampak dari krisis tersebut,” ujar Retno.
Wanita asal Semarang ini  berharap bahwa pertemuannya dengan otoritas Myanmar dapat berlangsung sesuai dengan yang direncanakan.
Karena sekali lagi, situasi sangat dinamis, mudah-mudahan tidak ada perubahan. Kalau pertemuan itu dapat dilakukan, maka sekali lagi, Indonesia menjadi negara pertama yang dapat langsung melakukan pertemuan dengan otoritas di Myanmar,” sebut Retno.
Ditegaskan dirinya akan berdiskusi, dan  akan menyampaikan hal yang  pasti dalam menangani krisis kemanusiaan itu. “Saat yang sama kita juga akan bahas apa yang pemerintah Myanmar dapat dilakukan. Karena tanggung jawab ada di pemerintahan Myanmar, tetapi ada bagian di mana kita dapat membantu dan masyarakat internasional dapat membantu,” paparnya.
Sementara Jubir Kepresidenan Johan Budi ketika dikonfirmasi soal respon Indonesia terkait krisis kemanusiaan di Myanmar, meminta Tengokberita.com mengonfirmasi ke Menlu Retno Marsudi. “Menlu bertolak ke Myanmar, silahkan langsung ke Ibu Menlu,” ujarnya. (rot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

tni, jokowi, g30spki

TNI: Apa Yang Dibuat Pemerintah Kita Ikuti

Jakarta, Tengokberita.com- Pemerintah berencana membuat ulang  film G30S. Film itu akan disesuaikan dengan kondisi anak-anak ...

Bahas Krisis Rohingya, Menlu Retno Temui Otoritas Myanmar

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 2 min
0