Barcelona Ditantang AS Roma, Juventus Dihadang Real Madrid

115

Nyon, Tengokberita.com– Undian babak delapan besar telah dilakukan di kantor pusat UEFA Nyon, Swiss pada Jumat (16/3/2018).

Barcelona akan melawan AS Roma, dimana Barcelona akan menjadi tim tuan rumah terlebih dahulu. Artinya, pertandingan pertama akan dimainkan di Camp Nou pada 3 atau 4 April dan leg kedua pada 10 atau 11 April di Stadion Olimpico

Menghadapi AS Roma, Barcelona memang lebih diunggulkan. Blaugrana berharap bisa menang besar melawan tim tiga besar Serie A, AS Roma tersebut.

Tetapi, Lionel Messi dan kawan-kawan tak bisa gegabah karena meski sempat tak diunggulkan, AS Roma sudah berhasil lolos dari ujian fase awal Liga Champions. AS Roma masuk ke 16 besar dengan finis pertama. Tim besutan Eusebio Di Francesco itu bisa membalikkan prediksi.

Kemenangan 1-0 atas Qarabag di Stadion Olimpico dalam matchday 6 fase grup, Rabu (6/12/2017) dini hari WIB, memastikan Roma lolos ke babak 16 besar. Tak cuma itu, mereka pun keluar jadi juara grup.
Roma finis di posisi pertama Grup C dengan 11 poin. Mereka membukukan tiga kemenangan, salah satunya atas Chelsea dengan skor 3-0, dua hasil imbang, dan satu kali kalah.

Roma unggul head to head atas Chelsea yang mengoleksi poin sama di peringkat dua. Sementara itu, Atletico harus tersingkir dan terlempar ke Liga Europa setelah finis ketiga dengan tujuh poin.

AS Roma memastikan satu tempat pada perempat final Liga Champions 2017-2018 setelah mengalahkan Shakhtar Donetsk 1-0 dalam pertandingan leg kedua 16 besar, di Stadion Olimpico, Rabu (14/3/2018) dini hari WIB.

Agregat kedua tim 2-2 setelah Shakhtar Donetsk menang pada laga leg pertama. Namun, AS Roma berhak lolos ke babak delapan besar karena keunggulan produktivitas gol tandang.

Bagaimana Barcelona?
Lionel Messi masih tetap jadi kunci dari Barcelona, tapi sejak Ousmane Dembele kembali sembuh dari cedera dia tampil cukup bagus. Saat melawan Chelsea, dia menyumbangkan satu gol dari tiga yang berhasil disarangkan Barcelona. Dembele tampil dalam performa pemeran bintang melawan Chelsea. Dia mungkin tidak perlu menjadi yang terbaik bagi Barca untuk mengalahkan Roma, tapi dia harus meningkatkan permainannya agar Blaugrana bisa mengalahkan AS Roma.

Sementara itu, pertemuan antara Juventus dan Real Madrid juga akan berlangsung menarik. Karena pertemuan Real Madrid dengan Juventus pada babak ini sudah pernah terjadi pada tahun 1996. Kala itu, Bianconeri lolos ke semifinal karena unggul 2-1 secara agregat.

Duel antara Juventus vs Real Madrid sudah belasan kali. kedua tim tercatat sudah 19 kali bersua di Liga Champions dan secara keseluruhan Los Blancos lebih unggul. Real Madrid memenangi sembilan laga, sementara Juventus delapan kali menang.
Meski demikian, Juventus tak bisa diremehkan. Bianconeri mengukir empat kemenangan di fase gugur dengan format dua leg, termasuk menang agregat 3-2 pada semifinal musim 2014-2015 silam.

Juventus berhasil menyingkirkan Real Madrid di semifinal Liga Champions 2015. Juventus selalu berhasil menyingkirkan Real Madrid ketika tampil di fase gugur. Namun, jika melihat hasil pertemuan terakhir, Real Madrid tampil dominan saat lawan Juventus. El Real berhasil memukul Juventus di final Liga Champions musim lalu dengan skor telak 4-1 di Stadion Millenium Cardiff sehingga Real Madrid pun mempertahankan gelar Liga Champions

Sempat bermain imbang 1-1 di babak pertama, Real Madrid langsung membalas dan mencetak tiga gol tambahan pada paruh kedua pertandingan. CR7 membuka keunggulan Real Madrid di menit ke-20 dan tujuh menit berselang mampu disamakan Mario Mandzukic.

Memasuki babak kedua, gawang Gianluigi Buffon tak sanggup menahan gempuran anak asuh Zinedin Zidane tersebut. Juventus kebobolan tiga gol lewat aksi Casemiro, Ronaldo, dan Marco Asensio pada menit-menit terakhir. Kekalahan telak itu benar-benar memalukan Nyonya Tua. Real Madrid menguasai 54 persen bola berbanding 46 persen milik Juventus. Juventus menciptakan 11 peluang yang empat di antaranya tepat sasaran. Adapun Real Madrid mencatat lima tembakan titis dari 18 percobaan.

Kali ini Juventus punya kesempatan untuk membalas dendamnya. Juventus memiliki kesempatan untuk menghadang Madrid untuk merebut gelar ketiganya secara berturut-turut.

Tetapi sebagai juara bertahan Liga Champions, Real Madrid memang memiliki rekor mentereng selama babak perempat final. Dari 34 kali tampil di babak delapan besar, Madrid berhasil melaju ke semifinal sebanyak 28 kali.

Kegagalan terakhir Madrid di perempat final terjadi pada musim 2003/2004 ketika kalah produktivitas gol tandang dari AS Monaco.

Dalam tujuh musim terakhir Los Blancos selalu berhasil melangkah ke semifinal. Klub terakhir yang harus mengakui keunggulan Madrid adalah Bayern Munich. Musim lalu Sergio Ramos dan kawan-kawan menang 2-1 dan 4-2 dalam dua leg perempat final.

Real Madrid melaju ke babak perempat final Liga Champions setelah sukses mengalahkan Paris Saint-Germain dengan skor 2-1 pada leg kedua babak 16 besar di Parc des Princes, Selasa (6/3/2018). Kemenangan ini membuat Real Madrid unggul aggregat 5-2 karena sebelumnya menang 3-1 atas Paris Saint-Germain di Santiago Bernabeu.

Dari delapan klub yang lolos ke perempat final Liga Champions, tiga berasal dari Spanyol: Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla. Karena itu Spanyol menjadi negara terbanyak penyumbang tim ke babak delapan besar Liga Champions. Italia dan Inggris sama-sama mengirimkan dua wakil. Liverpool dan Manchester City jadi wakil Inggris sedangkan Juventus dan AS Roma mewakili Italia. Satu tempat diwakili Jerman, Bayern Munich (rot)

Jadwal Pertandingan:

Leg pertama
3 April: Sevilla vs Bayern, Juventus vs Real Madrid
4 April: Barcelona vs Roma, Liverpool vs Manchester City

Leg kedua
10 April: Roma vs Barcelona, ​​Manchester City vs Liverpool
11 April: Bayern Munich vs Sevilla, Real Madrid vs Juventus

Bagaimana menurut pembaca?