Begini Penampakan VW Bermesin Depan, VW K70

139
VW K70

Jakarta, Tengokberita.com – Mobil rakyat (volkswagen) selama ini dikenal sebagai kendaraan dengan mesin di bagian belakang. Dalam hal penataan mesin di bagian belakang, VW merupakan pionir di jagat otomotif.

Tetapi ternyata tidak seluruh varian VW bermesin belakang loh. Sepanjang sejarahnya, VW ternyata pernah memiliki varian kendaraan dengan mesin di bagian depan, sebagaimana lazimnya kendaraan.

Varian VW yang didisain dengan bagian mesin di bagian depan dikenal dengan nama VW K70. ‘K’ merupakan kependekan dari ‘Kolben’ (bahasa Jerman) yang artinya piston. Sedangkan angka 70 merupakan output daya kendaraan sebesar 70 tenaga kuda (Horse Power/HP) yang dihasilkan mesinnya.

VW K70

K70 dirancang oleh Claus Luthe dan Chief Engineer NSU, Ewald Praxl sebagai sedan empat pintu dan tiga pintu untuk versi wagon.

(baca: Ratusan Mobil Retro dan Klasik Meriahkan Bekasi)

Ada ceritera tersendiri mengenai VW K70, satu-satunya mobil VW dengan mesin di bagian depan kendaraan. Volkswagen K70 adalah mobil sedan empat pintu dengan mesin depan dan sistem front wheel drive.

Bagian mesin VW K70 yang ada di depan kendaraan

Kendaraan ini pada mulanya diproduksi dan dikembangkan oleh NSU, sebuah perusahaan otomotif di Jerman. Pada 1969, NSU diakuisisi oleh Volkswagen, raksasa otomotif Jerman.

Entah kenapa, VW tetap mempertahankan nama K70 dengan konsep mesin di depan dan berpendingin ruangan. Padahal, selama ini VW dikenal sebagai industri otomotif dengan kendaraan yang dirancang bermesin belakang.

Tapi VW berani mempertahankan K70 yang mengusung konsep mesin di depan, berpendingin udara, dan penggerak roda depan. Setelah diakuisisi, VW menamakan kendaraan tersebut sebagai VW K70. VW kemudian memproduksinya. Sepanjang 1970 – 1974, VW telah memroduksi VW K70 sebanyak 211.127 unit.

Bagian interior VW K70

Meski berbeda dari seluruh varian kendaraan VW lainnya, toh pemasaran VW K70 terbilang sukses. Dari jumlah itu, sebanyak 1.000 unit di antaranya diproduksi dengan bagian kemudi di sebelah kanan, yang sengaja diproduksi untuk dipasarkan ke negara-negara yang menerapkan kebijakan melaju di sebelah kiri sehingga kemudi kendaraan harus berada di bagian kanan. Sebagian di antaranya masuk ke Indonesia.

Pada pembuatan tahun 1973-1974, K70 yang sebelumnya berkapasitas mesin 1600 cc ditawarkan pula varian bermesin 1800 cc berkekuatan 100 tenaga kuda, yang mampu membawa K70 berlari hingga mencapai top speed 101 Mph atau 162 km/jam.

Volkswagen K70 yang terbilang cukup sukses dalam penjualan ternyata memberikan tantangan tersendiri bagi jaringan dealer Volkswagen yang sudah terbiasa dan terlatih menangani VW bermesin belakang.

Volkswagen K70 akhirnya mulai tergantikan pada 1973 akhir sejak diproduksinya VW Passat yang terus diproduksi hingga Februari 1975. Masa kejayaan VW K70 pun berakhir. (pink)

Bagaimana menurut pembaca?