Benarkah Minum Air Kencing Unta Menyehatkan?

84

Jakarta, Tengokberita.com-Ustadz Bachtiar Nasir membuat heboh dunia maya. Pasalnya, penggagas Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) mengunggah video minum air kencing unta dan susu unta di peternakan unta di Hudaibiyah Mekkah, Arab Saudi.

Di dalam keterangan videonya, Bachtiar Nasir menuliskan hukum tentang bolehnya meminum air kencing dan susu unta.

Hadits Seputar Kencing dan Susu Unta.
———————- “Beberapa orang dari ‘Ukl atau ‘Urainah datang ke Madinah, namun mereka tidak tahan dengan iklim Madinah hingga mereka pun sakit. Beliau lalu memerintahkan mereka untuk mendatangi unta dan meminum air seni dan susunya. Maka mereka pun berangkat menuju kandang unta (zakat), ketika telah sembuh, mereka membunuh pengembala unta Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan membawa unta-untanya. Kemudian berita itu pun sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjelang siang. Maka beliau mengutus rombongan untuk mengikuti jejak mereka, ketika matahari telah tinggi, utusan beliau datang dengan membawa mereka. Beliau lalu memerintahkan agar mereka dihukum, maka tangan dan kaki mereka dipotong, mata mereka dicongkel, lalu mereka dibuang ke pada pasir yang panas. Mereka minta minum namun tidak diberi.” Abu Qilabah mengatakan, “Mereka semua telah mencuri, membunuh, murtad setelah keimanan dan memerangi Allah dan rasul-Nya.” (HR. Bukhari: 226) – http://hadits.in/bukhari/226 “Sesungguhnya dalam air kencing unta dan susunya mengandung obat bagi penyakit di dalam perut mereka.” (HR. Ahmad: 2545) – http://hadits.in/ahmad/2545 “‘Anbasah berkata; Telah menceritakan kepada kami Anas mengenai hal ini dan itu. Aku berkata; dan kepadaku Anas menceritakannya, ia berkata; suatu kaum pernah menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata; Cuaca kota ini sudah tidak cocok bagi kami. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ini ada beberapa hewan ternak milik kami, maka keluarlah kalian dan minumlah dari susu dan air kencingnya. Lalu mereka pun meminum susu dan air kencing unta hingga mereka segar kembali…”

Namun Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan mengenai bahaya minum urine unta. Hal ini terkait penyebaran sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) yang kian meluas hingga Korea Selatan.
Laman Independent menuliskan bahwa WHO curiga virus ini benar-benar menyebar ke manusia dari hewan menyusul laporan seorang pria yang terkena strain MERS karena memiliki unta dan sapi.

Teori ini semakin memperkuat dugaan penyebaran virus dan bahaya unta. Selain itu para pasien yang terkena virus cenderung memiliki penyakit kronis bawaan.
Penderita diabetes, gagal ginjal dan penyakit paru-paru kronis berisiko tinggi terjangkit MERS. Mereka diminta menjaga kebersihan umum seperti menghindari kontak dekat dengan hewan, terutama unta, dan cuci tangan setelah melakukan kontak dengan hewan.

“Ini harus dipatuhi. Hindari minum susu mentah unta atau kencing unta, atau makan daging yang belum dimasak dengan benar,” tulis WHO. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?