Home » News » Negara » Hankam » Cegah Kriminalitas, Apa Yang Dilakukan Polres Jakpus?
tap, polri, teror

Cegah Kriminalitas, Apa Yang Dilakukan Polres Jakpus?

Jakarta, Tengokberita.com – Polres Metro Jakarta Pusat membentuk Team Alpha Pus (TAP) yang bertugas untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Suyudi Ario Seto SIK menjelaskan, tim TAP bertugas untuk mengantisipasi aksi kriminalitas dan gangguan Kamtibmas di wilayah Jakarta Pusat.

Tim tersebut akan melakukan patroli dan siaga di pos untuk mengantisipasi terjadinya aksi curanmor, curat, dan Curas serta tawuran antar warga dan aksi balap motor serta gang motor.

Anggota Tim Khusus TAP ini diambil dari personel Polrestro Jakarta Pusat dan dibantu personel polsek di wilayah Jakarta Pusat.

Terbentuknya Tim TAP ini diharapkan dapat menekan jumlah kejahatan curanmor atau kejahatan jalanan. Kami mengharapkan bantuan dari masyarakat untuk memberikan informasi terkait kejahatan curanmor dan selalu waspada saat mengendarai sepeda motor atau saat memarkirkan motornya,” tutur Suyudi di Jakarta, Senin (29/5/2017).

Suyudi menjelaskan, Tim TAP dibekali keterampilan khusus beladiri, kualifikasi tembak terbaik, serta keahlian lain dalam penangkapan aksi kejahatan jalanan. Jika dibutuhkan, tim ini juga mencegah tawuran antarwarga dan pelaku balap liar.

(Baca: Antisipasi Teror, PT KAI Kerahkan Tim Satwa Polri)

“Kejahatan apa pun juga kami tangani,” kata Mantan Kapolres Majalengka itu.

Tim TAP bersiaga selama 24 jam, tim tidak hanya siaga di Pos saja tapi juga melakukan patroli dengan menggunakan motor trail dan mobil. Apabila menemukan pelaku kejahatan atau geng motor maka TAP akan langsung mengamankan mereka.

Penampilan TAP mirip pasukan antiteror, yakni berpakaian lengkap serbahitam, rompi antipeluru, dan helm. Mereka menenteng senapan serbu laras panjang dan pistol. Mereka juga dilengkapi kacamata hitam dan helm.

Mereka dilengkapi dengan senjata,” tutur mantan Kapolresta Bogor Kota ini.

Mantan Waka Polrestro Jakarta Barat ini mengatakan, TAP akan melakukan penggeledahan. Jika pemuda-pemudi sedang bergerombol menaiki sepeda motor dengan tak dilengkapi helm pada malam dini hari, tim ini akan menertibkan.

Ini shock therapy agar pelaku kejahatan mengurungkan niatnya. Syukur-syukur waktu itu juga sedang menemukan begal dan langsung ditangkap,” katanya.

Sebelum beraksi, TAP melakukan patroli di titik-titik rawan rawan aksi kriminalitas mulai dari Jalan Kramat Raya, Jalan Benyamin Sueb, wilayah Tanah Abang, Gambir, Cempaka Putih, Johar Baru dan Menteng.(gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

jad, teroris, isis

Kapolri Sebut Kelompok JAD Pelaku Teror di Mapolda Sumut

Jakarta, Tengokberita.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan dua pelaku teror di Mapolda Sumut  berinisial SP ...

Cegah Kriminalitas, Apa Yang Dilakukan Polres Jakpus?

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0