Cerianya Ratusan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Berada di KRI Tanjung Nusanive 973

Jakarta, Tengokberita.com – Ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah Mazro’atul Ulum Tangerang, Provinsi Banten tampak ceria ketika melakkan kunjungan lapangan atau studi tour ke salah satu Kapal perang Republik Indonesia (KRI) yang sedang sandar di dermaga pangkalan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL di Pos IX Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Mereka begitu antusias ketika menaiki KRI Tanjung Nusanive 973. Kapal perang yang selama ini hanya bisa disaksikan di televisi atau foto, kini benar-benar bisa dilihat secara dekat. Para anak-anak siswa MI itu bahkan menaikinya.

Kolinlamil menjadi salah satu pelopor yang melakukan pengenalan kepada anak-anak sejak usia dini untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada para pelajar. Ini agar mereka dapat berprestasi selama belajar di sekolah dan menambah wawasan mereka tentang peralatan militer TNI AL.

(baca: Ratusan Pelajar Wisata Edukasi ke KRI Tanjung Nusanive 973)

Kita sudah lakukan ini rutin. Memang tujuan kita memberikan kesempatan kepada para pelajar ini untuk memastikan agar mereka bisa mengetahui secara nyata bentuk dari KRI jika selama ini mungkin hanya melihat dari televisi atau foto saja,” ujar Paban Anglanas Letkol Laut (P) M. Bayu Pranoto, S.H., M.Tr (Hanla) yang menerima para siswa sebagaimana rilis Dispen Kolinlamil yang diterima redaksi Tengokberita.com.

Kunjungan itu dinilainya sangat bermanfaat bagi para pelajar karena dapat menumbuhkembangkan semangat patriotisme dan nasionalisme bagi pelajar terhadap kecintaannya akan produk-produk Indonesia.

Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Mazro’atul Ulum Ciledug saat berkunjung ke KRI Tanjung Nusanive 973 dipandu salah seorang prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Kolinlamil.

Dalam kunjungannya kali ini, para pelajar yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah Mazro’atul Ulum Ciledug, Tangerang menaiki KRI Tanjung Nusanive 973 yang sedang merapat di Dermaga Mako Kolinlamil Pelabuhan Tanjung Priok.

Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kami terhadap masyarakat dan termasuk dalam Operasi Militer selain Perang (OMSP) di bidang pendidikan sejak dini terhadap anak-anak yang pengurus sekolahnya sudah mengajukan permohonan kunjungan ke Kolinlamil,” tambahnya.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut, anak-anak tersebut diperlihatkan oleh prajurit TNI AL dengan melakukan pemutaran rekaman kegiatan maupun menampilkan profil dan spesifikasi dari sejumlah senjata yang ada di kapal perang tersebut.

Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Mazro’atul Ulum Ciledug saat berkunjung ke ruang anjungan kapal dipandu prajurit KRI.

Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Mazro’atul Ulum Evi Afifah, S.Km, M. Pd mengatakan ada 240 siswa siswi dan 18 guru yang datang untuk mengunjungi kapal perang Kolinlamil dan merasa sangat senang dengan kesempatan yang diberikan oleh pihak TNI AL.

Ini menjadi sebuah pengalaman yang istimewa terutamanya bagi anak-anak. Kita juga melihat anak-anak selama ini memang sangat ingin untuk berkunjung dan melihat langsung kapal perang ini, semoga saja kelak beberapa dari antara mereka menjadi prajurit dan melindungi Indonesia di masa yang akan datang,” jelasnya. (has)

Bagaimana menurut pembaca?