Cerita Perselingkungan Para Pemimpin Dunia

68

Jakarta, Tengokberita.com-Gugatan cerai Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa Ahok ke Veronica Tan bikin kaget dan menimbulkan berbagai spekulasi.Ada rumor gugatan itu karena adanya orang ketiga dalam kehidupan mereka. Namun, soal seperti ini bukan hanya menimpa sekelas gubernur, sejumlah presiden juga terlibat kasus semacam itu. Beberapa dari mereka berakhir dengan perceraian dan lebih memilih selingkuhannya untuk dinikahi.

Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan terlibat perselingkungan dengan gadis pesenam Alina Kabaeva. Bahkan, sudah melahirkan dua jabang bayi dari Alina. Apapun yang terjadi di balik semua itu tidak menghalangi keputusan akhir bahwa Putin dengan Lyudmila positif cerai.

Seperti dilansir Forbes Putin digosipkan menjalin hubungan dengan mantan atlet senam Rusia, Alina Kabayeva. Pesenam yang pernah menjuarai Olimpiade itu berumur 30 tahun lebih muda dari Putin.

Rumor tentang hubungan gelap Vladimir Putin dengan Kabayeva sebenarnya sudah beredar sejak lama. Kabar itu pertama kali muncul dalam suratkabar lokal, Moskovsky Korrespondent. Suratkabar itu kemudian ditutup pemiliknya, Aleksander Lebedev. Dia disebut takut membuat marah Putin karena perselingkuhannya diungkap.

Putin berdali bercerai secara baik-baik dengan Lyudmila. Pasangan itu menyalahkan tugas sebagai Presiden Rusia yang membuat mereka berdua jarang bertemu.

Perselingkungan Presiden Prancis Francois Hollande dengan artis Julie Gayet
diungkap oleh majalah Prancis Closer. Jika rumor ini benar, hubungan Hollande dengan Gayet ini akan mengekalkan tradisi lama Prancis, yang memiliki presiden dan politisi senior suka merayu alias suka menebar pesona.

Mantan Presiden Jacques Chirac dulu diduga dan diyakini memiliki banyak hubungan di luar nikah. Pendahulunya, mantan Presiden Francois Mitterand juga dikabarkan memiliki seorang anak perempuan dari seorang selingkuhannya.

Valery Giscard d’Estaing juga sama. Dia digambarkan sebagai penggemar perempuan. Bahkan dalam sebuah bukunya ia menyinggung hubungannya dengan Putri Diana.

Rakyat Prancis dikenal bisa mentolerir petualangan para pemimpinnya, yang seringkali terbukti hanya sedikit atau tidak berpengaruh negatif terhadap popularitas mereka.

Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy misalnya, ternyata pernah menjalin affair dengan istri salah seorang anggota kabinetnya. Saat itu Sarkozy masih beristrikan Cecilia Sarkozy.

Perselingkuhan itu terjadi sekitar empat tahun silam, saat Sarkozy masih menjabat Menteri Dalam Negeri Prancis.

Perselingkuhan Sarkozy terungkap dalam catatan pribadi mantan Kepala Badan Intelijen Kepolisian Prancis, Yves Bertrand. Bertrand merupakan Kepala Badan Intelijen Kepolisian Renseignements Generaux (RG) selama 12 tahun hingga 2004 lalu.

Isu perselingkuhan Sarkozy merupakan satu di antara sejumlah rahasia lainnya yang ditulis Bertrand dalam catatan hariannya selama menjabat kepala RG.

Presiden Prancis itu menikah dengan seorang politisi sosialis Segolene Royal. Mereka dikaruniai empat orang anak. Namun Hollande kemudian tinggal bersama Valerie Trierweiler, seorang jurnalis. Segolene Royal pun ditinggalkannya.

Tapi Trierweiler juga bernasib sama. Dia juga dicampakkan oleh Hollande.
“Orang-orang tidak menyadari betapa pengkhianatan dan kemunafikan ada. Anda mendapatkannya tanpa melakukan apa-apa,” ujar wanita berusia 48 tahun itu.

Perilaku Trierweiler juga sebenarnya tak beda jauh dengan Hollande. Saat menjalin cinta dengan Presiden Prancis Francois Hollande, dia juga bersama menteri Patrick Devadjian. Pdahal saat itu masih menjadi istri Denis Trierweiler. Sedangkan Hollande saat itu masih tinggal seatap dengan Segolene Royal, ibu dari empat anaknya.

Dan selama menjalin percintaan segi empat itu, Trierweiler sering membujuk Devedjian, yang saat itu anggota senior dari koalisi oposisi UMP, meninggalkan istrinya Sophie, putri seorang jenderal yang juga ibu dari empat anaknya untuk menikahinya. Namun Devadjian menolak dan Trierweiler berganti berusaha merebut Hollande dari Royal. Hingga kini akhirnya mereka menjalin hubungan.
Kabarnya Devedjian dan Hollande tahu mereka berdua tidur dengan wanita yang sama.

Presiden Amerika juga dilanda perselingkuhan. Pada 19 Desember 1998, Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dilengserkan oleh Kongres karena telah menyalahgunakan kekuasaan dan menyatakan keterangan yang tidak benar di depan publik. Semua itu terkait perselingkuhannya dengan pekerja magang di Gedung Putih, bernama Monica Lewinsky.

Kasus ini mulai terkuat sejak pegawai Pentagon bernama Linda Tripp merekam pembicaraannya dengan Lewinsky yang mengungkap hubungannya dengan Clinton di Gedung Putih. Tripp kemudian melaporkannya kepada Kenneth Starr, seorang jaksa independen.

Dari rekaman tersebut, terungkap bagaimana hubungan antara Clinton dan Lewinsky yang dari percakapannya, bukanlah pembicaraan antara seorang atasan dan bawahan. Tapi lebih dari itu. Lewinsky awalnya tak mengaku skandalnya dengan Clinton. Tapi setelah mendapat jaminan keselamatan dan perlindungan, ia mengaku pernah melakukan hubungan terlarang dengan Clinton di kantor kepresidenan Amerika Serikat.

Hubungan itu terjadi pada November 1995. Saat itu, Monica Lewinsky yang berusia 21 tahun tersebut bekerja sebagai pegawai magang selama sekitar 1,5 tahun. Wanita tersebut kemudian pindah ke Pentagon dan mulai mengenal Linda Tripp.

Terungkapnya skandal ini langsung menghebohkan publik Negeri Paman Sam. Bill Clinton yang berstatus sebagai suami Hillary Clinton awalnya diam, tapi pada akhirnya buka suara dan membantah kabar tersebut.

“Saya tidak pernah melakukan hubungan seksual dengan wanita itu (Monica Lewinsky),” ujar Clinton dalam konferensi pers di hadapan publik.
Namun beberapa bulan kemudian, pada Agustus 1998, Clinton berbalik mengakui skandal tersebut. Dia membenarkan hubungan terlarangnya dengan Monica Lewinsky. Dia menyatakan sadar bahwa perbuatannya itu memang tidak pantas.

Jaksa Independen Kenneth Starr pada September 1998, mengajukan gugatan ke Kongres atau dewan legislatif atas perilaku Clinton. Star mengajukan dakwaan pasal pembohongan publik dan penyalahgunaan kekuasaan. Dewan langsung membahas laporan tersebut.

Kemudian, 19 Desember 1998, Kongres menyatakan Bill Clinton dilengserkan sebagai hukuman atas perbuatannya tersebut. Namun keputusan pemakzulan belum final sebelum ada persetujuan Senat, majelis di atas Kongres.

Saat Kongres memutuskan menggulingkan Presiden Bill Clinton, Senat secara tidak langsung membebaskan sang presiden karenan hasil voting berbanding sama 50:50. Clinton pun melanjutkan masa pemerintahannya hingga masa jabatannya habis.

Perdana Menteri (PM) Italia Silvio Berlusconi juga dituding selingkuh dengan seorang menteri kabinet. Namun Mara Carfagna, menteri cantik berusia 32 tahun itu membantahnya. Wanita itu bahkan akan menggugat Sabina Guzzanti, seorang komedian Italia yang terang-terangan menuduh dirinya menjalin affair dengan Berlusconi.

Menurut Mara, tuduhan Sabina vulgar dan fantasi belaka. Mara telah menyuruh pengacaranya untuk memulai proses hukum terhadap Sabina. Demikian seperti dilansir harian Telegraph.

Mara merupakan menteri termuda dalam kabinet pimpinan Berlusconi. Wanita itu terjun ke politik pada tahun 2006 setelah sempat berkarir di TV. Banyak yang terkejut akan pengangkatannya sebagai menteri.

Mara pernah berpose topless dan setengah bugil . Namun mantan model itu bersikeras kalau dirinya berpegang pada nilai-nilai keluarga tradisional. Menurutnya, tak satu pun dari foto-foto itu erotis.

Mara pernah menjadi sumber keributan antara Berlusconi dan istrinya, Veronica tahun 2007 lalu. Saat itu, Berlusconi (71) bilang ke Mara jika seandainya dia belum menikah, dia akan senang hati menikahi Mara. Veronica marah besar hingga kemudian Berlusconi minta maaf padanya.

Perselingkungan pemimpin lain, dilakukan oleh pihak sang istri. Itulah Nelson Mandela. Dikabarkan Nomzamo Winifred Zanyiwe Madikizela (Winnie), istri Mandela terlibat perselingkungan dengan Dali Mpofu (Dali), pengacara muda.

Mandela akhirnya menceraikan Winnie. Di pengadilan terungkap bahwa ‘perzinahan’ sebagai alasan cerai. Persidangan perceraian Nelson-Winnie menjadi sorotan dunia. Disebutkan jika kedua pasangan bertemu di muka sidang. Mandela memperhatikan Winnie dan tersenyum. Tapi Winnie malah memalingkan muka.

Keduanya resmi berpisah pada Maret 1996. Saat putusan itu diketuk, Nelson Mandela telah menjadi Presiden Afrika Selatan. Pada 1998, pada ulang tahunnya ke-80 Mandela menikahi Graca Machel, janda Presiden Mozambik, Samora Machel.

Sementara Nelson menikahi Winnie pada 1958 setelah perceraian dengan istri pertamanya, Evelyn Mase pada 1955. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?