Demi Tampil Cantik, Bobby Habiskan Rp75 Juta Modifikasi Vespa S 2012

441

Jakarta, Tengokberita.com – Jika sudah hobi, apapun akan dilakukan. Termasuk merogoh kocek dalam-dalam.

Inilah yang dilakukan Bobby Setiawan, salah seorang anggota komunitas Vespa Selatan (Vessel). Ia memodifikasi Vespa S tahun 2012 miliknya sedemikian rupa hingga tampil cantik.

Vespa S tahun 2012 ini dibikin beda. Custom sendiri mulai dari cat, velg, shock breaker, dan asesoris lainnya. Untuk speed, bore up 190cc Polini. Pakai disc brake belakang pakai punya Gilera custom karena belum ada yang punya pakai disc brake belakang. Ini custom sendiri biar kelihatan mewah dan speednya dapet,” ungkap Bobby di Jakarta, Minggu (7/1/2018).

(baca: Ahmad Jayadi, Pebalap Nasional Pendiri AJM Skuter & Prenn)

Vespa yang berwarna orange candy ini merupakan cat custom untuk memewahkan kendaraannya agar telihat seperti menyatu dengan bagian bawah motornya. Bobby mengaku, memodifikasi vespa kesayangannya itu di bengkel langganannya di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan.

Beli shocknya Rp16 juta depan-belakang, yang mahal sih yang belakang tabung pusat dicustom kasih dudukan, buat masang disc brake cakram. Gak bisa langsung dipasang, susah buat ngakalinnya. Nah ini diakalin disc brake bekas motor balap, dichrome, custom, tempel pasang, akhirnya masuk. Jadi tampilan belakang lebih padat, lebih kencang kalau buat pengereman,” kata Bobby.

Lalu, berapa rupiah yang harus digelontorkan untuk memodifikasi vespanya itu? “Untuk modif sekarang ditotal-toal habis Rp75 jutaan mulai dari shock breaker, asesoris, chrome, cat, mesin bore up dan lain-lain,” jawab Bobby.

Meski sudah menggelontorkan dana yang cukuo besar, bahkan melebihi dari harga motor Vespanya sendiri, Bobby mengatakan bahwa motornya sejauh ini belum pernah mengikuti event modifikasi. Hal tersebut dikarenakan Bobby belum yakin dan belum merasa puas atas modifikasi yang dilakukannya, sehingga dirinya belum mau mengikuti event modifikasi jika Vespanya belum total dimodifikasi.

Bobby memang berencana akan melakukan beberapa modifikasi lagi pada sepeda motornya itu. Proyek yang akan digarap Bobby adalah mengganti speedometer menjadi digital dan melakukan cat ulang dengan warna chrome biru, yang diperkirakan akan dilaksanakan pada Februari mendatang.

Terkesan biasa-biasa saja, namun vespa S tahun 2012 milik Bobby Setiawan ini telah dimodifikasi dan menghabiskan dana Rp75 juta. (Foto: Fajar Nugraha/Tengokberita.com)

Meski demikian, Vespa dengan mesin yang ditingkatkan dari 150cc menjadi 190cc tidak digunakan untuk berkendara sehari-hari. Mesin bore up memang terbukti lebih cepat panas dan membuat oli cepat kering, sehingga dirinya harus terus melakukan perawatan sebulan sekali paling tidak yang sudah pasti ialah ganti oli.

Vespa S keluaran 2012 ini menurut pemilik helm AGV Valentino Rossi 46 seharga Rp16 juta tersebut sebelumnya mesin Vespanya pernah dinaikkan 200cc namun mengalami kendala sehingga diturunkan kembali.

Paling jauh ke Puncak doang, gak mau jauh-jauh. Bore up-nya ngeri mesin panas takutnya mesin mati. Paling kalau mau touring berangkat ditowing, pulang dinaikin, gak masalah. Kalau pulang pergi naik motor takutnya motor bore up panas,” Bobby menambahkan. (nug)

Bagaimana menurut pembaca?