Dihantui Kemacetan, Tarif Tol Dalam Kota Besok Naik

Jakarta, Tengokberita.com-Ruas tol dalam kota mulai Jumat (8/12/2017) mengalami kenaikan. Ketentuan berlaku mulai pukul 00.00 WIB untuk ruas Tol Cawang-Tomang-Grogol-Pluit, Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Pluit, dan Tol Serpong-Pondok Aren. Padahal, tol dalam kota ini terkenal akan macetnya.
Sehingga kemacetan yang ada kerap membuat kecepatan berkendara tak sesuai dengan SPM yang telah ditentukan.

Akun instagram resmi Jasa Marga, @official_jasamarga, menyebutkan kenaikkan tarif dilandasi Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.973/KPTS/M/2017. Kenaikan juga didasari UU Nomor 38 Tahun 2004 yang menyatakan penyesuaian tarif rutin dilakukan tiap dua tahun sekali, berdasarkan tarif lama yang disesuaikan pengaruh inflasi.

Dibandingkan dengan tarif saat ini, kenaikkanya mulai dari Rp 500 sampai Rp 1.500. Golongan l tarifnya menjadi Rp 9.500. Golongan ll Rp 11.500, Golongan lll Rp 15.500, Golongan lV menjadi Rp 19.000, dan Golongan V sebesar Rp 23.000.

Selain tol dalam kota, tol yang juga mengalami kenaikan adalah Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Tol Palimanan-Plumbon-Kanci, Tol Surabaya-Gempol, Tol Semarang ABC dan Tol Ujung Pandang Seksi 1 dan Seksi 2.
Berdasarkan informasi yang dihimpun untuk 5 ruas tol di antaranya, seperti Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Tol Palimanan-Kanci, Tol Surabaya-Gempol, Tol Semarang seksi A, B, C dan Tol Dalam Kota, kenaikan rata-rata berkisar Rp 500 hingga Rp 1.500. Bahkan di beberapa ruas dan golongan kendaraan tertentu, ada yang tidak mengalami kenaikan.(rot)

Bagaimana menurut pembaca ?