Din Syamsudin: Penyerangan Gereja Tindakan Biadab!

90
DIN SYAMSUDIN

Jakarta, Tengokberita.com – Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof. Din Syamsudin mengecam penyerangan gereja di Sleman, DI Yogyakarta, dirinya menganggap peristiwa tersebut sebagai tindakan biadab.

Saya, dan kita semua, prihatin dan mengecam keras penyerangan dengan kekerasan menggunakan senjata tajam atas jemaat Gereja Lidwina Sleman yang sedang menunaikan misa/kebaktian. Saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. Kita mengecam keras tindakan tersebut sebagai bentuk kebiadaban yang tidak bisa ditoleransi,” ujar Din Syamsudin dalam keterangan tertulis kepada Tengokberita.com, Selasa (13/2/2018).

(baca: Kapolri Akui Kasus Penyerangan Novel Butuh Waktu Lama)

Din meminta agar aparat kemanan segera mengusut tuntas peristiwa yang terjadi pada Minggu (11/2/2018) itu. Apabila peristiwa tersebut masih belum juga diselesaikan, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut mengkhawatirkan terjadinya reaksi-rekasi serta prasangka yang menyebabkan kekacauan.

Berangkat dari peristiwa terasebut, Din Syamsudin meminta kepada umat beragama agar tidak terprovokasi karena diduga hal tersebut dipicu oleh oknum yang sengaja mengadu domba.

Untuk itu kepada umat beragama dipesankan untuk tetap tenang, dapat mengendalikan diri, dan jangan terprovokasi oleh pihak yang memang sengaja ingin mengadu domba antar umat beragama,” kata Din Syamsudin.

Sebelumnya penyerangan di Gereja St Lidwina diduga dilakukan oleh seorang mahasiswa berusia 23 tahun bernama Suliyono. Pria asal Banyuwangi tersebut membawa pedang dan melukai empat orang yang sedang beribadah di dalam gereja. (wap)

Bagaimana menurut pembaca?