Frederich Yunadi : Saya Difitnah…

Jakarta, Tengokberita.com -Mantan Pengacara Setya Novanto Fredrich Yunadi resmi ditahan KPK. Fredrich yang merupakan tersangka dugaan perintangan penyidikan terhadap Setya Novanto menjalani pemeriksaan kurang lebih selama 10 jam. Fredrich keluar dari gedung KPK dengan menggunakan rompi tahanan KPK Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 11.00 WIB.

Saat keluar dari Gedung KPK, Frerdrich menyatakan bahwa dirinya mempunyai hak imunitas. Dirinya beralasan bahwa seorang advokat tidak bisa dituntut secara perdata maupun pidana sesuai dengan Pasal 16 Undang-undang Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat.

“Saya sebagai advokat, saya melaksanakan tugas dan kewajiban saya membela Pak Setya Novanto. Saya difitnah, katanya melakukan pelanggaran
” ujar Fredrich di Gedung KPK.

Fredrich mengatakan bahwa penahanan atas dirinya oleh KPK sebagai bentuk kesewenangan KPK dan aksi ‘bumihangus’ KPK terhadap dirinya. Dia juga menolak bahwa dia melakukan penghalangan atau melakukan skenario atas kondisi kesehatan Setya Novanto.

Tidak ada sama sekali, itu permainan, itu rangkaian skenario ingin membumihanguskan” ujar Fredrich.

Sebelumnya, Satgas KPK menangkap pengacara Fredrich Yunadi, pada Sabtu dinihari. Dia sempat mangkir dari panggilan sebagai tersangka. Fredrich merupakan tersangka kasus menghalangi-halangi atau merintangi penanganan (obstruction of justice) kasus KTP elektronnik Setya Novanto.
Tim penyidik dan pimpinan KPK langsung memutuskan untuk mencari dan menangkap Fredrich karena sebagai tersangka dianggap tidak kooperatif dan menghambat proses penyidikan. Fredrich saat ini ditahan di rutan KPK. (wap/rot)

Bagaimana menurut pembaca?