Home » News » Negara » Politik » DPD Tunjukkan Pekerjaan Rumah Buat Jokowi

DPD Tunjukkan Pekerjaan Rumah Buat Jokowi

Jakarta, Tengokberita.com-Joko Widodo menjabat sebagai presiden sudah hampir tiga tahun. Ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Jokowi hingga masa tugasnya sebagai presiden berakhir pada 2019.
Adalah Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Oesman Sapta Odang yang mengungkapkan pekerjaan rumah buat mantan Walikota Solo tersebut. Karena itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat dalam cita-cita pemerintah agar Indonesia benar benar menjadi negeri yang mandiri dan berdaulat dalam hal pangan.

Di sektor pangan, kami melihat masih belum terselesaikannya permasalahan ini secara tuntas, meskipun kami menyadari betapa kompleksnya persoalan ini, kami mengajak kita semua, untuk mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia di tengah ancaman krisis pangan global,” kata Oesman Sapta saat sidang tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI-DPD RI, dan Rapat Paripurna DPR RI tahun 2017 di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Selain itu, dia mendesak pemerintah untuk memastikan adanya tata kelola dana desa yang menyeluruh sekaligus dengan pengawasannya. Karena tercatat penyaluran dana desa dalam tiga tahun ini telah mencapai Rp 127 triliun. Sedangkan  sektor energi, DPD mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan pelaksanaan program listrik perdesaan berbasis energi baru terbarukan (EBT).

DPD juga meminta sikap Presiden Joko Widodo yang menghendaki adanya terobosan mendasar dalam pengelolaan sektor kehutanan dengan menjaga kelestarian hutan sekaligus memberi manfaat bagi kemakmuran rakyat.

Lainnya, Oesman melaporkan bahwa DPD telah mendengar keluhan dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah, mengingat kompetisi antara UMKM dan pasar tradisional di satu pihak dengan pelaku usaha pasar modern di lain pihak semakin berat.

Karenanya dia mengharapkan pemerintah dan pemerintah daerah segera menata ulang tata kelola dan sistem perizinan UMKM.

Kami meminta pemerintah memberlakukan pembatasan beroperasinya ritel modern hanya sampai di kota provinsi,” pinta dia.

Selanjutnya, Oesman berbicara memecahkan kesenjangan ekonomi harus dengan menyelesaikan RUU perkoperasian. Pembehasan RUU ini, harus melibatkan tripartit sebagaimana amanat putusan Mahkamah Konstitusi.(rot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Tunjuk Ridwan Kamil, DPD Golkar Jabar Akan Melawan

Purwakarta, Tengokberita.com– Surat rekomendasi DPP Partai Golkar yang menetapkan Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien sebagai ...

DPD Tunjukkan Pekerjaan Rumah Buat Jokowi

Tengok Berita redaksi Berita Hari ini: 1 min
0