DPR: Hasil Tes Calon Panglima TNI Memuaskan

Jakarta, Tengokberita.com – DPR RI telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Marskal Hadi Tjahjanto. Hasilnya, memuaskan dan Marskal Hadi Tjahjanto sangat patut menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantya sebagai Panglima TNI.

Ihwal itu diungkap Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari.

Setelah melakukan proses uji kelayakan dan kepatutan, serta pandangan dari seluruh fraksi-fraksi dan Anggota Komisi I DPR RI, maka rapat Komisi I DPR RI pada hari Rabu tanggal 6 Desember 2017, Komisi I DPR RI memberikan persetujuan terhada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP menjadi Panglima TNI,” ungkap Kharis di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Dengan rekam jejak yang bagus serta memenuhi syarat dan kecakapan untuk mengemban tugas sebagai Panglima, Hadi Tjahjanto pun mendapat persetujuan DPR. Kharis menjelaskan, dengan telah disetujuinya pengganti jabatan tertinggi TNI ini, maka Komisi I juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Gatot Nurmantyo seraya memberikan dedikasi, kesungguhan, profesionalisme dan kecakapan dalam memimpin TNI.

Kita harapkan semoga capaian-capaian positif beliau dilanjutkan dan dikembangkan oleh Panglima TNI berikutnya,” kata Kharis.

Terkait hal-hal yang ditanyakan, lanjut Kharis, secara umum ada tiga hal yaitu kepemimpinan, profesionalitas dan integritas. Selain itu, pada tes tersebut juga menekankan kepada calon Panglima TNI tentang pentingnya menjaga dan merawat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Proses selanjutnya, kami akan mengirimkan surat kepada Pimpinan DPR untuk diadakan Rapat Bamus atau Rapat Pengganti Bamus untuk penjadwalan pembacaan laporan di Paripurna. Kita menunggu dari Pimpinan DPR untuk pembacaan laporan di Paripurna DPR,” pungkas politisi PKS itu.

Setelah dibacakan di Paripurna, tambah dia, pimpinan DPR akan mengirimkan surat kepada Presiden dan selanjutnya akan dilantik oleh Presiden sesuai dengan jadwal di kepresidenan. (nug)

Bagaimana menurut pembaca ?