DPR Pastikan BPJS Kesehatan Bayar Penuh Penyakit Katastropik

Jakarta, Tengokberita.com – Para penderita penyakit berat (katastropik) seperti kanker, gagal ginjal, stroke, thalasemia, sirosis, leukimia, hemofilia, dan jantung kini tak perlu khawatir biaya pengobatan mereka tidak ditanggung pemerintah. DPR memastikan BPJS Kesehatan tetap membayarkan penuh kedelapan jenis penyakit berat tadi.

Kepastian itu disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati. “Mereka (BPJS Kesehatan) akan menjaminnya (cover seluruh klaim biaya penyakit katastropik),” kata Okky Asokawati saat ditemui di Komplek Parlemen, Rabu (29/11/2017).

Sebelumnya, ramai diberitakan, BPJS Kesehatan enggan mengcover biaya penyakit katastropik. Alasannya, BPJS Kesehatan mengalami defisit cukup besar yaitu sekitar Rp9 triliun.

(baca: Masih Banyak BUMN Tak Ikut Kepesertaan BPJS)

Tapi ya karena DPR dalam hal ini komisi IX sudah ‘berbunyi’ juga dibantu oleh media dan alhamdulillah akhirnya BPJS kesehatan memutuskan bahwa mereka akan tetap menjamin penyakit katastropik,” ungkap Okky.

Soal angka defisit yang dialami BPJS Kesehatan senilai Rp9 triliun, Oky tak sependapat. “Itu sebetulnya ada perbedaan nilai ya, perbedaan kisaran. Kalo BPJS Kesehatan mengatakan ada 9 Triliun tapi dari informasi yang saya dapat dari Bu Menteri Keuangan, angkanya di kisaran Rp3 triliun,” kata politisi PPP itu. (nug)

Bagaimana menurut pembaca ?