Booming Es Kepal, Dingin, Manis, Segar, Pilihan di Saat Bukber

1513

Kuliner, Tengoberita.com– Aneka pilihan makan dan minuman di bulan puasa ini bisa anda temui di mall-mall, di pasar, bahkan di pojok-pojok kampung, melimpah setiap menjelang buka puasa. Dari beragam pilihan itu, salah satunya, es kepal milo bisa jadi pilihan.

Apalagi, jenis minuman ini sudah mulai menyebar di sejumlah wilayah Indonesia. Tengokberita com yang dalam beberapa hari terakhir berkeliling 4 kota besar, seperti Jakarta , Bekasi , Banjarmasin dan Bogor, menemukan es kepal milo itu.

Artinya makin banyak pedagang yang turut menjual es kepal milo dengan versi mereka. Di jajakan mulai dari gerobak dorong, warung rumahan, food truck sampai ke kafe kafe maupun resto. Rasanya yang manis ditambah dengan aneka topping, menjadi camilan yang sedap bagi anak anak dan remaja hingga dewasa.

Menurut sejarahnya, minuman ini semula berasal dari Malaysia dan dipopulerkan pertama kali di Yogyakarta awal tahun 2018. Es kepal Milo pun langsung punya banyak penggemar.Di Malaysia, es ini bernama ‘Ais Kepal Milo’. Malaysia memang dikenal dengan minuman Milonya. Di negara itu, memiliki varian minuman yang berbahan Milo.

Kemudian pada akhir tahun 2017, muncul penyajian baru, yakni es kepal. Sesuai dengan namanya, es ini memang menggunakan Milo atau merk susu cokelat ternama sebagai bahan utamanya.

Bagaimana cara membuat es kepal? Bahan dasarnya tak harus Milo. Tapi karena ini membahas es kepal milo maka yang diperlukan adalah setenga kaleng krimer kental manis; es batu secukupnya, diserut atau diblender; satu sendok makan cokelat bubuk dan 8 sendok makan milo bubuk.
Kemudian blender es batu dengan menggunakan chopper. Taruh di mangkuk, bentuk kepal. Sisihkan. Blender krimer kental manis, cokelat bubuk dan Milo bubuk hingga rata. Lantas sajikan Milo yang sudah diblender tadi di atas es kepal. Sebagai hiasan atau peningkat rasa, ditambahkan topping sesuai dengan yang diinginkan.

Es Kepal Milo, meski menggunakan bahan-bahan yang premium, harganya tidaklah mahal. Umumnya para penjual es kepal Milo mematok harga cukup terjangkau, antara Rp 8.000 hingga Rp 25.000. Harga tergantung dengan topping atau tambahan diinginkan pembeli. Topping yang disajikan biasanya berupa potongan biskuit Oreo, remahan biskuit Regal, kacang tanah yang dihancurkan, meises cokelat atau meises warna-warni, choco chips cokelat atau choco chips berwarna-warni, keju parut, marsmallow berwarna-warni, bubuk cokelat, atau bahkan bubuk Milo sendiri.

Karena itu, bila anda ingin menikmati berbuka Puasa, baik sendiri maupun bersama sama (bukber) dengan rasa manis-manis, minuman jenis ini tampaknya bisa jadi pilihan. (jar/rot)

Bagaimana menurut pembaca?