Home » News » Gaya Hidup » Euro Retro Enthusiast: Komunitas Pecinta Mobil Eropa
euro retro, mobil klasik

Euro Retro Enthusiast: Komunitas Pecinta Mobil Eropa

Jakarta, Tengokberita.com – Ada pemandangan berbeda di area parkir pusat belanja Cilandak Town Square (Citos) Jakarta Selatan pada Minggu (24/9/2017).

Siang itu, area parkir Citos mendadak menjadi area pameran kendaraan, meski tak ada agenda pameran otomotif di sana.

Puluhan mobil retro Eropa aneka merek produksi tahun 1960-an hingga 1990-an berjejer rapi. Meski sudah ‘berumur’ toh kendaraan-kendaraan tersebut tampak masih begitu apik.

Kehadiran puluhan mobil retro Eropa di area parkir Citos tersebut memang bukan dalam rangka pameran mobil Eropa. Tapi merupakan pertemuan (meet up) rutin bulanan para pencinta mobil Eropa yang tergabung dalam komunitas Euro Retro Enthusiast.

Kami rutin mengadakan meet up tiap bulan. Tujuannya guna menjalin silaturahmi antaranggota dan saling bertukar informasi seputar kegemaran merawat mobil Eropa dan memodifikasi kendaraan,” kata Rangga Sulistya kepada tengokberita.com di Cilandak Town Square, Minggu (24/9/2017).

Rangga Sulistya adalah salah seorang pendiri Euro Retro Enthusiast. Rangga mengisahkan, komunitas ini berawal dari pertemanan enam orang (termasuk dirinya) yang sama-sama pecinta mobil Eropa.

Awalnya kami berenam yang sama-sama pecinta mobil Eropa sering ketemuan. Meski memiliki mobil dengan brand berbeda-beda, toh kami membicarakan hal yang sama yaitu tentang merawat dan memodifikasi mobil Eropa. Nah, dari perbincangan rutin ini lah tercetus ide untuk membuat sebuah wadah bagi para pecinta mobil retro Eropa. Akhirnya disepakati dengan nama Euro Retro Enthusiast sebagai wadah komunitas pecinta mobil retro Eropa,” Rangga mengenang peristiwa dua tahun silam, persisnya di bulan Juli 2015.

(Baca: VW-VW Cantik Peserta Kontes)

Di luar dugaan, animo masyarakat begitu tinggi. Meski baru berusia 2 tahun, Euro Retro Enthusiast kini sudah memiliki lebih dari 100 anggota tetap dengan pengikut lebih dari 19 ribu orang di jejaring sosial instagram-nya.

Eka Prasetya, salah satu anggota tetap Euro Retro Enthusiast mengatakan ketertarikannya bergabung dalam komunitas ini didasarkan atas kesamaan hobi. Sejak bergabung dua tahun silam dengan Euro Retro Enthusiast ini lah, Eka mengaku kini lebih mengenal kendaraan yang telah empat tahun dimilikinya, Mercedes Benz 300e produksi tahun 1992.

Tak hanya meet up, komunitas ini juga rutin menggelar event khusus untuk penggemar mobil retro dan klasik tiap tahun nya. Seperti Eutrodicted yang sudah rutin dihelat selama dua tahun berturut-turut. Acara ini bahkan disebut-sebut sebagai lebarannya para pencinta mobil retro Eropa sebab acaranya yang biasa digelar usai lebaran.

Euro Retro Enthusiast juga tahun lalu menggelar event “Retro Classic Reborn” yang didedikasikan bagi seluruh pecinta mobil retro dan klasik di indonesia. Di ajang ini tak dibatasi mobil Eropa. Tapi juga mobil retro dan klasik asal Asia, Australia, dan Amerika.

Keberadaan unit dan suku cadang yang terbatas di Indonesia membuat Euro Retro Enthusiast menjadi sebuah komunitas yang solid. Komunitas ini berbeda dengan Club. Jadi, tidak ada keterikatan di dalam komunitas ini dan siapa saja bisa bergabung.

Bagi Anda yang memiliki kegemaran di bidang otomotif roda empat khususnya retro eropa dapat bergabung pada agenda meet up bulanan dan dapat mengetahui informasinya di akun Instagram @euroretroenthusiast dan facebook Euro Retro Enthusiast. (ric/has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Ini 3 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Urutan Instastory

Jakarta, Tengokberita.com – Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi berbasis media sosial yang bernama instagram? Instagram yang ...

Euro Retro Enthusiast: Komunitas Pecinta Mobil Eropa

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 2 min
0