Gaji Pendidik di Jakarta Capai Rp 30 Juta?

39

Jakarta, Tengokberita.com-Berbahagialah anda yang jadi guru di DKI Jakarta. Karena secara pendapatan tak kalah dengan Finlandia yang mencapai angka Rp 31 juta perbulan.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto mengatakan gaji guru tak sampai Rp 30 Juta, angkanya di kisaran Rp 25 juta.

Saya balik jadi gitu (guru),” kata Bowo Irianto di Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Bowo mengungkapkan gaji pokok rata-rata guru baru di DKI Jakarta berkisar antara Rp 3,5 juta hingga Rp 4,5 juta dengan bekal pendidikan sarjana strata 1 (S1) dan masuk dalam golongan III A. Setelah menjalani karier selama 30 tahun, guru tersebut akan naik menjadi golongan IV A hingga IV B dengan gaji pokok sekitar Rp 4,6 juta.

Tingginya pendidikan, kata dia, tidak berpengaruh terhadap perhitungan gaji, namun kepada jenjang karier. “Untuk pengembangan karier saja,” kata dia. Karena pendidikan S2 itu tidak diperhitungkan untuk gaji.

Pangkat tertinggi yang bisa dicapai seorang guru adalah IV E. Untuk gaji pokok golongan ini mencapai sekitar Rp 5 juta atau Rp 5,5 juta. Angka sebesar itu berlaku secara nasional.

Namun yang berbeda adalah tunjungan kinerja daerah (TKD). Para guru akan menerima kisara Rp 8 juta hingga Rp 11 juta.

Selain itu, para guru yang sudah tersertifikasi juga mendapatkan tunjangan khusus. Besar tunjangan ini mencapai Rp 4 jutaan. Dengan begitu, total gaji yang bisa diterima seorang guru biasa dengan level tertinggi dan tersertifikasi mencapai Rp 17 juta hingga Rp 26,5 juta.

Seorang guru, kata dia, bisa memperoleh gaji lebih tinggi apabila mendapatkan tugas tambahan, misalnya sebagai pengawas sekolah atau kepala sekolah (kepsek). Tapi jumlahnya tak mencapai Rp 30 juta. Ia memprediksi gaji yang diterima sekitar Rp 25-26 juta.

“Ketika nanti jabatan kepsek itu berakhir, selesai ya mereka kembali kepada ruangnya adalah ruang guru dengan gaji guru dengan TKD guru,” ujar dia.

Kepala sekolah mendapatkan tunjangan lebih besar dari guru biasa. Tunjangan untuk kepala sekolah mencapai Rp 19 juta. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?