Gambaran Rasisme Amerika Menangi Oscar 2018

75

Los Angeles, Tengokberita.com-Rasisme hingga saat ini masih menjadi problem yang serius di beberapa negara. Bahkan negara demokratis seperti Amerika persoalan rasisme tetap berlangsung. Inilah yang dibidik Jordan Peele, seorang aktor dan penulis naskah dan juga sutradara. Situasi rasis di Amerika itu dituangkan dalam film ‘Get Out’ yang berhasil menang di ajang Academy Awards ke-90 untuk kategori Best Original Screenplay atau Penulis Naskah Asli Terbaik.

Hasil ini sekaligus menunjukan Jordan Peele unggul atas Guillermo del Toro dan Vanessa Taylor untuk ‘The Shape of Water’, Martin McDonagh untuk ‘Three Billboards Outside Ebbing, Missouri’, Kumail Nanjiani dan Emily V. Gordon untuk ‘The Big Sick’, dan Greta Gerwig untuk ‘Lady Bird’.

Saya ingin mempersembahkan piala ini untuk semua orang yang membiarkan saya tumbuh dengan diri saya, ” ujar dia di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu, 4 Maret 2018 waktu setempat atau Senin (5/3/2018) pagi waktu Indonesia.

Jordan Peele dalam film ‘Get Out’ mencoba mengingatkan masyarakat bahwa persoalan rasialis adalah persoalan serius yang perlu perhatian semua pihak.

Meski tema rasialime cukup berat, namun Jordan Peele mengemas Get Out dengan lebih ringan. Alur cerita Get Out mengalir lancar tanpa penonton harus bertanya-tanya kebingungan.

Get Out bercerita tentang Chris Washington (Daniel Kaluuya) berkunjung ke rumah orangtua pacarnya, Rose Armitrage (Allison Williams) yang berkulit putih.

Kunjungan ke rumah calon mertua Chris itu sunguh mengejutkan karena Chris diterima dengan tangan terbuka. Justru kondisi inilah yang membingungkan Chris, apalagi calon mertunya itu adalah kalangan menengah atas Amerika. Bagi Chris hal ini adalah sebuah keganjilan. Demikian pula dengan adik Rose, dan kedua pembantu kulit hitam mereka yang memberlakukan Chris dengan bahasa tubuh yang menurut Chris tidak wajar.

Tukang bersih-bersih Georgina (Betty Gabriel) dan tukang kebun Walter (Marcus Henderson), dua pembantu di rumah calon mertuanya itu sering memberikan senyuman yang canggung, bahasa mereka sopan, gestur mereka seperti bangsawan. Para tetangganya juga demikian. Akibatnya, jika Chris berada di lingkungan mereka merasakan ketidaknyamanan.

Jordan Peele dalam film ini memang dimensi lain tentang rasisme. Dikemas dengan genre horor-thriller, film ini bertutur dengan cara yang cukup mengesankan. Rasisme yang digambarkan Jordan bukan tentang penindasan orang kulit putih terhadap kulit hitam secara vulgar. Jordan memasukkan rasisme dengan cara cata yang cara yang lebih halus, dalam hubungan keseharian. Misalnya dialog atau perkataan yang terkesan wajar bagi kulit putih, namun sebenarnya tidak nyaman bagi kulit hitam.
Sebelum Osar, film ‘Get Out’ sudah memenangkan Sprit Awards yang digelar di Santa Monica, Los Angeles. Ajang ini dipandang sebagai tolak ukur para pemenang di Oscar. (nyt/rot)

Bagaimana menurut pembaca?