Gara-gara Air Pria Desa Ini Wajib Menikahi Tiga Perempuan

Maharashtra, Tengokberita.com-Mungkin tak banyak perempuan yang ingin dipoligami. Namun di desa ini, tak demikian. Bahkan, para wanita senang jika dalam satu keluarga, suaminya punya dua istri, tiga istri bahkan lebih.
Kenapa?

Jawabannya ternyata soal air. Ya, di desa Denganmal, di Maharashtra, India ini lahannya tandus dan kering. Satu-satunya air minum berasal dari dua sumur yang berada di kaki bukit berbatu. Tempat ini tiap hari ramai dikunjungi kaum hawa untuk mengambil air. Tak dijelaskan, kenapa para lelakinya tak ada yang mengambil air di sumur tersebut.

Karena yang mengambil hanya kaum perempuan, maka banyak keluarga yang menikahi dua, tiga, bahkan lebih banyak perempuan karena persoalan air tersebut. Sebab, makin banyak punya istri, maka makin banyak persedian air di rumahnya.

Misal Bhagat (66). Dia memiliki tiga istri, dua di antaranya dinikahinya hanya untuk memastikan bahwa rumahnya memiliki air untuk diminum dan dimasak. “Saya harus memiliki seseorang untuk membawa kita air, dan menikahi lagi adalah satu-satunya pilihan,” kata Bhagat yang bekerja sebagai buruh harian di sebuah peternakan di desa terdekat.

Istri pertama saya sibuk dengan anak-anak. Ketika istri kedua saya jatuh sakit dan tidak dapat mengambil air, saya menikahi istri yang ketiga,” ungkap Bhagat.

Istri Bhagat tinggal di rumah yang sama dengannya namun memiliki kamar dan dapur yang terpisah. Dua di antaranya dipercaya mengambil air, sedangkan yang ketiga mengelola masakannya.
Kata Bhagat, para perempuan termasuk istri-istrinya senang dengan pengaturan tersebut.

Dilansir dari indiatimes, memiliki tiga orang istri di desa ini adalah cara yang paling aman untuk menjamin ketersediaan air di setiap rumah

Tidak mudah memiliki keluarga besar jika tidak ada air,” kata Namdeo, warga desa lain yang memiliki dua istri.

Tradisi di Desa dengan populasi sekitar 500 orang ini tidak boleh menceraikan istri pertamanya kecuali jika sang istri meninggal dunia. Setelah menikahi istri pertama, suami akan segera menikahi wanita lain. Kebanyakan pria desa Denganmal memiliki dua hingga tiga orang istri dalam satu rumah. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?