Gara-gara ‘Monsoon Break’ Cuaca Jakarta Diprediksi Cerah

Jakarta, Tengokberita.com-BMKG memprediksi cuaca  wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat  dan Jawa Tengah akan mengalami ‘Monsoon Break’. Fenomena ini dimulai dari 4 Desember hingga 12 Desember mendatang. Wilayah yang terdampak akan mengalami curah hujan yang cukup rendah.
Kenapa demikian? Karea pasokan suplai air untuk pembentukan awan hujan mengalami pengurangan sehingga curah hujan menjadi rendah. Potensi hujan rendah, menurut Kepala BMKG Dwikorita terjadi di Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah bagian utara.

Sedangkan wilayah lain seperti Jawa Tengah bagian Timur, Jawa Timur bagian selatan, dan Bali hingga Nusa Tenggara curah hujan masih pada keadaan sedang hingga tinggi. Begitu juga dengan wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Selain itu, saat ini sedang terjadi Supermoon. Yaitu kondisi Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu garis lurus.

Dengan keadaan ini BMKG meramalkan dari 3 Desember hingga 5 Desember pasang laut akan naik secara cepat. Karena itu, masyarakat diminta untuk tidak panik atau kaget ketika curah hujan tidak banyak namun banyak pantai yang mengalami kenaikan volume air.

BMKG juga memprediksikan potensi Jakarta mengalami banjir di awal tahun 2018 akibat meningkatnya curah hujan di wilayah DKI Jakarta. Berdasarkan data Klimatologi potensi banjir akan terjadi pada bulan Januari hingga Februari. (rot)

Bagaimana menurut pembaca ?