“Gong Xi Fa Cai”, Bukan Selamat Tahun Baru

143

Jakarta, Tengokberita.com-Gong Xi Fa Cai demikian media sosial twitter menuliskan. Bahkan, ucapan ini menjadi viral pada Jumat (16/2/2018) siang ini.

Sebagian orang memahami bahwa perkataan itu adalah ‘Selamat Merayakan Imlek‘, maka tak heran jika di media sosial maupun di kehidupan sehari-hari ucapan Gong Xi Fa Cai akrab di telinga. Sehingga orang-orang pun meyakini Gong Xi Fa Cai bermakna ‘Selamat Merayakan Tahun Baru Imlek’.

Sayangnya, keyakinan itu salah. Sebab makna kalimat atau arti Gong Xi Fa Cai bukan ‘Selamat Merayakan Tahun Baru Imlek‘.

Dilansir dari situs GongXiFatChoi, Kalimat Gong Xi Fa Cai  memiliki arti ‘Selamat Sejahtera’.

Lantas bagaimana sejarahnya muncul ucapan itu?

Nama Gong Xi Fa Cai  berawal dari kata ‘Gong Xi’ yang berarti ‘Selamat‘ karena penduduk Tiongkok pada zaman dulu selamat dari binatang buas. Lalu, kata ‘Fa Chai‘ memiliki arti sebuah  ‘kesejahteraan’, ini berkaitan dengan perkembangan zaman yang berharap perekonomian semakin baik di tengah masyarakat Tionghoa.

Penggunaan dua kata pertama yaitu ‘Gong Xi‘ memiliki sejarah penggunaan yang cukup panjang, tetapi jika berdasarkan legenda maka ucapan ini digunakan untuk memberi selamat ketika penduduk China dapat mengatasi binatang buas ‘Nian‘(Sejenis mahluk buas yang hidup di dasar laut atau di gunung yang kerap memangsa mereka).

Pada perkembangan selanjutnya, seiring membaiknya tingkat kehidupan ekonomi maka harapan untuk peningkatan kesejahteraan yang bisa mengangkat derajat mereka terus diungkapkan dalam bentuk penambahan kata ‘Fa Chai‘ (sejahtera/makmur) pada pengucapan itu. Hal ini terjadi pada masyarakat Tionghoa di seluruh dunia.

Akibatnya, ucapan ‘ Fa Cai’ terus mengemuka hingga sekarang. Ucapan ini juga terus dipakai pada komunitas masyarakat keturunan China ketika merayakan tahun baru Imlek. “Selamat Sejahtera/Makmur”. Sebuah pengharapan bahwa mereka berkeinginan untuk sejahtera atau makmur.

Jadilah  Gong Xi Fa Cai itu diucapkan oleh seluruh kelompok umur saat mereka berkunjung ke teman dekat maupun ke sanak saudaranya.

Sebagian besar anak-anak mengucapkan  Gong Xi Fa Chai , kemudian ada tambahan ucapan ‘Hong Bao Na Lai‘ yang berarti ‘Ang Pao ke Sini Dong

Ketika berkunjung kepada para kerabat dekat dan keluarga yang lebih tua. Ucapan-ucapan seperti itu sudah tidak asing di kalangan warga Tionghoa Gong Xi Fa Chai, bukan ucapan selamat Tahun Baru, tapi ucapan pengharapan dan doa ‘Selamat Sejahtera’.

Lantas, apa sebenarnya ucapan untuk Tahun Baru Imlek’? Ternyata ucapan untuk Tahun Baru Imlek adalah ‘Xin Nian Kuai Le‘. Jadi, Xin Nian Kuai Le [新年快乐]- Happy New Year, Selamat Tahun Baru!(rot)

Bagaimana menurut pembaca?