Gunung Agung Kembali Mengeluarkan Asap Kelabu

9

Amlapura, Tengokberita.com-Baru sehari status tanggap darurat Gunung Agung dicabut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Namun, Gunung Agung kembali mengeluarkan asap kelabu dari kawah dengan intensitas tebal dan tinggi 2500 m di atas puncak kawah.

“Gunung Agung kembali erupsi mengeluarkan asap kelabu dari kawah dengan intensitas tebal dan tinggi 2500 m di atas puncak kawah pada 23/12/2017 pukul 11:57 WITA. Status Gunung Agung Awas. Bali aman. Vona Orange. Bandara Ngurah Rai aman dan normal. #Bali #BaliSAFE #baliaman,” tulis Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam akun twitternya, Sabtu (23/12/2017).

Akibatnya, ucap Sutopo, sempat terjadi hujan abu di sekitar lokasi. Sutopo mengatakan aktivitas di bandara tetap kondusif.

Informasi ini langsung ditanggapi sejumlah netizen “Baru kemarin bilang “aman” hari ini erupsi lagi… Kalo bisa Ojo ndisiki kerso lah” tulis akun @BhayuArtha

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menggelar rapat terbatas Kabinet Kerja di Bali. Hasil rapat itu memutuskan status tanggap darurat Gunung Agung dicabut.

Pencabutan tanggap darurat ini tidak mengubah status awas Gunung Agung dengan zona bahaya radius 8-10 km dari kawah. Pencabutan status tanggap darurat juga tidak menghentikan penyaluran bantuan terhadap lebih dari 70.000 pengungsi. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?