Hakim Kusno Adu Cepat dengan Sidang Perkara Setnov di Pengadilan Tipikor

Hakim Kusno saat memimpin persidangan praperadilan yang dimohonkan Setya Novanto di PN Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017). (Foto: Wibi/Tengokberita.com)

Jakarta, Tengokberita.com – Di balik jalannya sidang praperadilan jilid II yang dimohonkan Setya Novanto, ada beban tersendiri bagi hakim Kusno, hakim tunggal yang memimpin jalannya persidangan.

Tak heran jika pada persidangan kedua, Kamis (7/12/2017), hakim Kusno segera mengagendakan jadwal persidangan untuk seminggu ke depan. Untuk itu, hakim Kusno juga meminta meminta para pihak sudah harus memberikan bukti surat pada Jumat (8/12/2017) besok dalam agenda jawaban dari termohon.

Saya minta termohon maupun pemohon besok memberi bukti surat. Dan harus selesai besok itu,” ungkap hakim tunggal Kusno dalam sidang praperadilan, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017).

(baca: Sidang Perdana Setya Novanto Digelar di PN Tipikor Rabu Pekan Depan)

Untuk hari Senin (11/12/2017), Kusno meminta pemohon, kuasa hukum Setya Novanto, untuk mendatangkan semua saksi yang rencananya berjumlah tiga orang untuk memberi kesaksian di dalam persidangan. Kusno memasang target bahwa kesaksian dari saksi yang diajukan pemohon rampung pada hari itu juga.

Selanjutnya pada hari Selasa (12/12/2017) dan Rabu (13/12/2017), giliran KPK yang dipersilakan untuk menghadirkan saksi yang diperkirakan berjumlah lima orang di dalam persidangan.

Setelah seluruh saksi yang diajukan kedua belah pihak sudah dihadirkan, hakim Kusno mengklaim akan bekerja secara cepat. Kusno berencana akan mengumumkan kesimpulan hasil sidang praperadilan tersebut pada hari Kamis (14/12/2017) pagi pukul 09.00 WIB, dan mengumumkan hasil persidangan pada pukul 15.00 WIB. Namun Kusno tidak menutup kemungkinan apabila ada kemunduran jadwal dan tidak sesuai dengan target yang dia inginkan.

Besok bukti surat. Senin masih untuk saksi untuk pemohon. Selasa sama Rabu setengah hari saksi dari termohon. Kemudian Kamis kesimpulan pukul sembilan. Nanti jika memungkinkan saya putus pukul tiga sore. Kalau tidak bisa ya tetap Jumat,” tutup Kusno.

Menariknya, di saat hakim Kusno sudah membuat jadwal persidangan praperadilan, humas PN Tipikor Jakarta Ibnu Basuki Widodo memastikan bahwa sidang perdana perkara korupsi KTP-E denga terdakwa Setya Novanto diagendakan digelar pada hari Rabu (13/12/2017). Majelis hakim pun sudah terbentuk. (wap)

Bagaimana menurut pembaca ?