Hakim Ratmoho Kabulkan Pencabutan Praperadilan Fredrich

14

Jakarta, Tengokberita.com- Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Ratmoho mengabulkan permintaan pencabutan gugatan praperadilan yang diajukan Fredrich Yunadi.

“Hakim menyetujui pencabutan perkara nomor 11 prapidana atas nama Fredrich Yunadi, demikian, sidang selesai,” ujar Ratmoho sesaat sebelum mengetok palu di Ruang Sidang Utama PN Jakarta Selatan, Senin (12/2/2018).

Hakim juga mengabulkan permohonan pencabutan perkara Nomor 9/Pid.Pra/2018/PN Jkt.Jaksel atas nama pemohon Fredrich Yunadi yang diwakili kuasa hukumnnya.

Sapriyanto Refa kuasa hukum Fredrich mengatakan dengan dikabulkannya permohonan pencabutan perkara praperadilan, dirinya dan Fredrich akan fokus ke persidangan pokok perkara.

“Kami konsentrasi sekarang ke perkara utama, karena perkara utama sudah disidangkan, ya kita konsentrasi ke dakwaan Jaksa Penuntut Umum,” ujar Refa.

Sebelumnya, Refa terhitung sudah dua kali mencabut pengajuan praperadilan kepada PN Jakarta Selatan yaitu tertanggal 23 Januari 2018 dan 6 Februari 2018. Pencabutan pertama tanggal 23 Januari 2018 karena Refa menilai persidangan hari pertama yang ditetapkan oleh PN Jaksel yaitu tanggal 12 Februari 2018 dianggap terlalu lama sehingga Refa mengubah alamat pemohon yang sebelumnya beralamat di Jakarta Barat menjadi beralamat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Upaya ini dilakukan karena dikhawatirkan dapat menjadi celah bagi KPK untuk segera melimpahkan berkas ke Pengadilan Tipikor sehingga secara otomatis praperadilan yang diajukan oleh pihaknya gugur. Berangkat dari alasan tersebut, akhirnya PN Jakarta Selatan menetapkan hari persidangan perdana menjadi hari Senin tanggal 5 Februari 2018.

Pencabutan kedua diajukan oleh Refa tertanggal 6 Februari 2018 kepada PN Jakarta Selatan dengan alasan dianggap membuang-buang waktu karena persidangan pokok perkara kliennya sudah dimulai sejak tanggal 5 Februari 2018 di Pengadilan Tipikor Jakarta.(wap/rot)

Bagaimana menurut pembaca?