Hari Raya Nyepi Jaringan Internet Bakal Dimatikan

117

Jakarta, Tengokberita.com-Hari Raya Nyepi tahun ini jatuh pada Sabtu, 17 Maret 2018. Untuk itu pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan dukungannya untuk mematikan layanan internet pada Hari Raya Umat Hindu tersebut.

Usulan pemadaman jaringan internet ini berasal dari Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali untuk tidak melakukan aktivitas internet, dan kegiatan lain yang sebelumnya sudah dilarang.

Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli mengatakan, Kominfo telah mengeluarkan seruan bersama soal dimatikannya akses internet saat pelaksanaan Hari Raya Nyepi.

Hal ini berangkat dari seruan bersama Majelis-majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2018.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika menghormati seruan tersebut” ujar Ramli di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (13/3/2018)

Menurut Ramli, ada dua poin utama soal pemadaman jaringan internet. Pertama, melalui Direktorat Penyiaran, Kominfo telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 369 Tahun 2018 Tentang Himbauan Tidak Bersiaran (Off Air) Pada Hari Raya Nyepi Tahun 2018 di Wilayah Provinsi Bali.

Kedua, melalui Direktorat Telekomunikasi, Kominfo telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 378 Tahun 2018 Tentang Imbauan untuk Melaksanakan Seruan Bersama Majelis Agama Dan Keagamaan Provinsi Bali 2018 yang isinya:

a. Agar seluruh Penyelenggara Telekomunikasi yang menyediakan layanan akses internet di Provinsi Bali untuk melakukan langkah-langkah dalam mendukung seruan bersama dimaksud pada Hari Raya Nyepi yang berlangsung pada tanggal 17 Maret 2018 pukul 06.00 Wita sampai dengan 18 Maret 2018, pukul 06.00 Wita, dengan tetap menjaga kualitas layanan akses internet untuk obyek-obyek vital, serta layanan kepentingan umum lainnya yang menurut sifatnya harus tetap berlangsung.
Kendati demikian, kata Ramli, objek vital seperti rumah sakit dan lainnya harus terjaga kualitas layanannya dengan baik.

b. Agar masyarakat dan penyelenggara jasa telekomunikasi melakukan langkah-langkah untuk menghindari dan/atau menangkal hoax dan konten negatif. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?