Home » News » Negara » Politik » Idaman Sebut UU Pemilu Abaikan Rasa Keadilan Masyarakat

Idaman Sebut UU Pemilu Abaikan Rasa Keadilan Masyarakat

 Jakarta,Tengokberita.com– Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dinilai selain memuat pasal yang bertentangan dengan UUD 1945 juga bertentangan dengan rasa keadialan masyarakat.Karena itu wajar jika UU ini digugat sejumlah parpol termasuk partai idaman.

  “Pasal 222 UU Pemilu misalnya, syarat untuk pencalonan presiden  dan wakilnya dasarnya Pemilu Tahun 2014 sehingga sangat tidak relevan dan daluarsa. Apalagi,  dilaksanakan secara serentak bersamaan pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD pada tahun 2019. Seharusnya semua parpol  dalam posisi sama, zero kursi atau zero suara.  Tapi ini kan tidak, ” ujar Sekjen Partai Idaman, Ramdansyah kepada Tengokberita, Jumat (25/8/2017).

 Selain itu, lanjut dia, bertentangan dengan UU Dasar 1945, salah satunya dengan  Pasal 1 ayat 3  UUD 1945.  Pasal ini bermakna bahwa  negara hukum  adalah negara yang penyelenggaraan kekuasaan pemerintahannya didasarkan atas hukum. Dalam negara hukum,  urainya, kekuasaan menjalankan pemerintahan berdasarkan kedaulatan hukum (supremasi hukum) dan bertujuan untuk menjalankan ketertiban hukum.

Artinya, papar dia, dalam negara hukum, kekuasaan negara berdasar atas hukum, bukan kekuasaan belaka serta pemerintahan negara berdasar pada konstitusi yang berpaham konstitusionalisme.

 “Supremasi hukum harus mencakup tiga ide dasar hukum, yakni keadilan, kemanfaatan, dan kepastian. Oleh karena itu di negara hukum, hukum harus tidak boleh mengabaikan ‘rasa keadilan masyarakat’,” jelasnya.

 Kemudian, soal  verifikasi partai politik juga harus berlaku sama. Tidak hanya kepada  partai politik yang ada di DPR RI saat ini. Menurutnya,  proses verifikasi harus dilaksanakan  terhadap seluruh partai politik, baik yang baru berbadan hukum maupun yang sudah mendapatkan kursi di DPR RI. Hal ini merupakan satu yang  wajar dan adil guna melihat efektivitas kinerja partai. (rot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Tunjuk Ridwan Kamil, DPD Golkar Jabar Akan Melawan

Purwakarta, Tengokberita.com– Surat rekomendasi DPP Partai Golkar yang menetapkan Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien sebagai ...

Idaman Sebut UU Pemilu Abaikan Rasa Keadilan Masyarakat

Tengok Berita redaksi Berita Hari ini: 1 min
0