Home » News » Negara » Ekonomi » IHSG Tak Terpengaruh Teror Bom
saham, ihsg, bom

IHSG Tak Terpengaruh Teror Bom

Jakarta, Tengokberita.com – Bom bunuh diri di kawasan Kampung Melayu Jakarta Timur minggu lalu rupanya tidak berdampak pada indeks harga saham gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah saat itu. Hari ini IHSG tercatat sebesar 5.705,72 sementara pada Jumat lalu saat terjadi bom bunuh diri tercatat 5.672,040 – 5.704,71.

Ekonom Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PP Muhammadiyah Agus Yuliawan mengatakan, jika bom di Kampung Melayu minggu lalu tidak berdampak sama sekali pada iklim investasi di Indonesia. Hal ini akibat reaksi cepat pemerintah dalam menghadapi berbagai macam teror. Dipastikan saat ini kondisi ekonomi nasional masih berjalan seperti biasanya, bahkan terlihat lebih cepat pergerakannya karena adanya momen puasa dan persiapan lebaran.

Reaksi cepat pemerintah ditunjukkan dengan kedatangan Presiden Jokowi  dan Jusuf Kalla ke lokasi kejadian beberapa jam setelah insiden. Jokowi meminta Kapolri untuk mengusut tuntas aksi bom bunut diri tersebut. Hal ini menunjukkan jika pemerintah sangat concern terhadap segala bentuk aksi yang dapat mengancam iklim investasi di Indonesia.

Ini simbol pemerintah sangat komitmen sekali terhadap penanganan terorism,” kata Agus saat dihubungi, Senin (29/5/2017).

Bahkan beberapa waktu kemudian tim kepolisian dikabarkan berhasil meringkus pihak yang diduga terkait dengan jaringan terorisme di Bandung.

(Baca : Teror Bom Ancam Kemudahan Investasi )

Menurutnya Indonesia sudah sangat terbiasa melakukan upaya stabilisasi setiap terjadi aksi teror sehingga tidak berdampak pada iklim investasi.

“Kita udah biasa menangangani masalah-masalah teror seperti ini. Jadi pemerintah bisa segera ciptakan iklim kondusif,” sambungnya.

Kata dia, di Indonesia situasi cepat terkendali sehingga tidak menimbulkan gejolak di pasar saham. Hal ini berbeda seperti yang terjadi di Thailand dan beberapa negara lain yang masih belum dapat melakukan hal yang sama seprti yang dilakukan Indonesia dalam menangani aksi teror

” Ini suatu kerja yang luar biasa sehingga sentimen pelaku pasar sangat positif terhadap reaksi pemerintah terlepas dari persoalan politik yang terjadi di dalamnya,” pungkas Agus. (din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Gangguan ATM, BCA Gratiskan Biaya Tarik Tunai

Jakarta, Tengokberita.com –Gangguan di sejumlah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) PT Bank Central Asia Tbk ...

IHSG Tak Terpengaruh Teror Bom

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0