Indonesia Negara Asia Pertama Yang Tampil di Piala Dunia

74

Jakarta, Tengokberita.com – Pesta sepakbola terbesar di dunia, FIFA World Cup 2018 akan segera berlangsung di Rusia. Hanya tim-tim terbaik saja yang bisa ikut di ajang ini. Sebanyak 32 negara dipastikan berpartisipasi dalam ajang empat tahunan itu dengan komposisi, 14 negara dari wakil Eropa, 5 negara berasal dari Amerika Selatan, 3 negara Amerika Tengah dan Utara, 5 wakil Afrika, dan 5 peserta berasal dari Asia.

Tahun ini Asia akan diwakili oleh Australia, Iran, Jepang, Arab Saudi dan Korea Selatan. Walaupun Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi adalah negara-negara Benua Kuning yang sudah sering tampil dan berlaga di pesta sepak bola bergengsi sejagad ini, namun rupanya FIFA mengakui bahwa wakil Asia pertama yang bermain di Piala Dunia bukanlah negara-negara tersebut.

FIFA mencatat negara itu
adalah Indonesia. Catatan sejarah ini diakui oleh FIFA melalui akun Twitter resminya. FIFA mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara Asia pertama yang sanggup hadir di Piala Dunia, tepatnya di tahun 1938, jauh sebelum Indonesia benar-benar merdeka.

FIFA memposting sebuah tanya jawab melalui akun @FIFAWorldCup. Pertanyaan tersebut adalah, “Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia ?.” Kemudian mereka menjawab, “Hindia Belanda, yang sekarang dikenal dengan Indonesia, tampil di Piala Dunia 1938 di Prancis”.

Dalam cuitan sebelumnya, @FIFAWorldCup juga mengunggah sebuah video kisah di Piala Dunia 1938 dengan menyebutkan nama Indonesia. “Indonesia, sebagai Dutch East Indies (Hindia Belanda), menjadi tim pertama dari Asia yang mencapai Piala Dunia. Pelajari lebih lanjut cerita dari Prancis 1938,” tulisnya. Bahkan, FIFA kembali membuat unggahan serupa pada Minggu (28/1/2018). “TONTON : Cerita menarik dari tim pertama Asia di Piala Dunia,” cuit @FIFAWorldCup dengan menyertakan logo bendera Merah Putih.
Dalam sebuah artikel di situs resminya FIFA menjelaskan bagaimana Indonesia tampil di Piala Dunia 1938, disertakan juga video footage terkait kisah Indonesia di pesta sepakbola terbesar antarnegara di dunia itu.

Status Indonesia sebagai negara pertama Asia yang tampil di Piala Dunia memang sempat menjadi polemik karena selain tim yang tampil pada Piala Dunia 1938 bernama Nederlands-Indië (Hindia Belanda) dan dihuni beberapa pemain Belanda, juga tim yang berangkat ke Piala Dunia 1938 di Prancis ini adalah bentukan Nederlandsh Indische Voetbal Unie (NIVU), bukan PSSI.
Sebenarnya lolosnya Hindia Belanda ke putaran final Piala Dunia inipun seperti mendapatkan sebuah hadiah, Asia yang hanya diberikan jatah satu tempat diperebutkan oleh dua tim yaitu Jepang dan Hindia Belanda, namun kemudian Jepang mengundurkan diri akibat masalah perang.

Pada pertandingan perdana Hindia Belanda harus langsung berhadapan dengan tim kuat saat itu yaitu Hongaria yang belakangan keluar sebagai runner-up Piala Dunia 1938, ternyata Hongaria masih terlalu tangguh untuk Hindia Belanda. Karena saat itu Piala Dunia menggunakan sistem gugur, maka Hindia Belanda pun harus angkat koper lebih cepat akibat gagal melaju ke babak berikutnya. (pink/rot)

Bagaimana menurut pembaca?