Ini 13 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

189
KAYU MANIS

Jakarta, Tengokberita.com – Kayu manis tak sekadar penyedap masakan. Di balik aromanya yang harum, penyedap masakan tertua di bumi ini ternyata juga menyimpan aneka khasiat yang menyehatkan bagi tubuh manusia. Apa saja khasiat kayu manis bagi kesehatan?

Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) adalah pohon penghasil rempah-rempah. Pohonnya kecil dan hanya tumbuh di India, Sri Lanka, Indonesia, Vietnam, Brasil, dan Mesir.

Kayu manis digunakan pertama kali sebagai penyedap masakan oleh bangsa Mesir sekitar 5.000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama. Berdasarkan tarikh atau masa penggunaannya tersebut, kayu manis dianggap sebagai penyedap masakan tertua di bumi.

(baca: Ini 15 Khasiat Jambu Biji Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui)

Selain sebagai penyedap masakan, orang-orang Mesir Kuno juga menggunakan kayu manis sebagai bahan baku pengawetan mayat, sedangkan orang Eropa di abad pertengahan menggunakan rempah ini sebagai penanda kekayaan. Sementara koki di Eropa menggunakannya untuk mengawetkan daging.

Sebenarnya yang digunakan sebagai penyedap masakan dan pengawet makanan itu bukan kayunya. Melainkan kulit dari pohon kayu manis. Untuk menggunakannya, kulit pohon tersebut dilepaskan dari batang pohon. Kulit pohon tersebut kemudian dikeringkan, dipotong kecil-kecil atau sesuai kebutuhan, lalu digulung. Kayu manis juga dapat dikeringkan dan digiling menjadi bubuk.

Varietas paling popular yang sering dimanfaatkan adalah jenis kayu manis Ceylon dan Cassia kayu manis. Harga kayu manis Ceylon lebih mahal dan memiliki rasa manis, duri yang lembut, dan dapat dengan mudah digiling dalam penggiling kopi.

Kayu manis Cassia memiliki warna yang lebih gelap dan duri yang lebih keras. Tidak seperti kayu manis Ceylon, kayu manis Cassia tidak dapat dengan mudah digiling menjadi bubuk menggunakan penggiling kopi.

Pohon Kayu Manis

Karakteristik rasa dan aroma kayu manis berasal dari suatu senyawa dalam minyak kulit kayu yang disebut cinnamonaldehyde. Berikut beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan :

1. Mengurangi Kolestrol Jahat
Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Untuk itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung.

Rempah-rempah dengan citarasa eksotis ini juga bisa mengurangi kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

Untuk mengurangi kolesterol jahat, taburkan 1-2 sendok teh bubuk kayu manis ke makanan Anda setiap hari untuk mencegah peningkatan LDL di dalam tubuh. Sebaiknya dibarengi juga dengan pilihan makanan sehat lainnya yang rendah kolesterol seperti sayuran dan buah segar.

2. Membantu Mengontrol Gula Darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respons insulin pada pasien diabetes tipe-2.

Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

3. Mencegah Penggumpalan Darah
Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

4. Menyeimbangkan Hormon
Cinnamaldehyde juga bisa meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon.

5. Anti Bakteri
Minyak alami dari kayu manis (cinnamaldehyde) juga bisa mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada tubuh. Banyak digunakan untuk menyingkirkan bakteri jahat tanpa merusak gigi atau gusi. Itu sebabnya kayu manis banyak digunakan pada produk pasta gigi, obat kumur dan permen penyegar napas.

Khasiatnya juga bisa didapatkan dengan mencampurkan bubuk kayu manis ke dalam teh, cokelat panas atau susu hangat. Karena kemampuan anti-bakteri dan mikroba ini, peneliti bahkan menjelaskan bahwa kayu manis bisa digunakan sebagai pengawet makanan tradisional yang alami.

6. Mencegah & Mengobati Kanker
Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker, baik untuk pencegahan kanker dan mengobati penderita penyakit kanker.

7. Meringankan Nyeri Rematik
Seseorang yang sedang mengalami nyeri rematik bisa mengandalkan kayu manis untuk mengatasi keluhan itu. Menurut sebuah hasil penelitian Universitas Copenhagen, pasien yang mengonsumsi bubuk kayu manis dapat membantu menghilangkan rasa sakit karena rematik. Tentunya kayu manis sangat berguna bagi Anda yang memiliki penyakit rematik.

8. Sumber Kalsium yang Sangat Baik
Kayu manis merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Dua sendok teh kayu manis mengandung 45 persen dari asupan mangan harian yang direkomendasikan. Rempah ini juga mengandung 11 persen gizi dari kebutuhan sehat harian. Selain itu, kayu manis mengandung sedikit serat, zat besi, dan mangan. Meskipun jumlahnya sedikit, tapi bisa membantu melengkapi kebutuhan serat dan mineral harian Anda.

9. Mencegah Penyakit Jantung
Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya cukup efektif dalam melindungi jantung terhadap sebuah kerusakan maupun infeksi, terutama di arteri yang dikarenakan makanan berlemak.

10. Meningkatkan Fungsi Otak
Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. Whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, kecepatan bekerja pada program komputer.

11. Meringankan Flu
Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional Cina pada orang yang terkena demam atau influenza (flu). Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman. Kandungan anti-inflamasi-nya membantu mengalirkan sirkulasi peredaran dalam tubuh sehingga perlahan flu pun bisa membaik, dan sembuh.

12. Mengurangi Peradangan Kronis
Kayu manis bermanfaat untuk berbagai penyakit neurodegenerative, termasuk penyakit alzheimer, parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis. Penelitian di Laboratorium Riset Sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis.

13. Menjaga Kestabilan Berat Badan
Kayu manis berperan sebagai katalis untuk memroduksi insulin. Asupan kayu manis akan mengatasi masalah kelebihan berat badan dengan cara memperlambat sepertiga kecepatan laju kekosongan perut (waktu lapar). Karena proses pencernaan makanan ini dihambat oleh kayu manis, maka masuknya makanan ke dalam perut juga semakin lambat.

Penghambatan waktu ini akan berakibat pada berkurangnya lonjakan kadar gula darah. Kadar gula yang stabil akan membantu menjaga kestabilan berat badan. Lalu berapa jumlah konsumsi kayu manis yang disarankan?

Ternyata cukup hanya satu sendok teh kayu manis per hari sudah cukup memberi manfaat. Karena kelebihan kayu manis (lebih dari dua sendok teh per hari) bisa mengencerkan darah Anda. Untuk menikmatinya, Anda bisa mencampurnya dalam minuman, atau makanan seperti roti panggang.

Itu lah 13 manfaat kayu manis bagi kesehatan. Tidak ada salahnya bila mulai saat ini kita membiasakan diri untuk selalu menyimpan kayu manis di rumah. Semoga bermanfaat. (berbagai sumber/has)

Bagaimana menurut pembaca?