Ini 15 Khasiat Jambu Biji Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Jakarta, Tengokberita.com – Pohon jambu biji (Psidium guajava L) merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brazil dan dibawa ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Tak heran jika pohon jambu biji dapat ditemukan di hampir seluruh Indonesia. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan banyak nama dan sebutan, antara lain jambu biji, jambu siki, jambu batu, jambu klutuk, dan sebagainya.

Bentuk buahnya bulat. Berwarna hijau dan kuning jika sudah matang. Dagingnya bewarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Dagingnya dipenuhi biji. Namun di balik banyaknya biji, daging buah jambu rasanya begitu enak.

Jambu biji tak hanya enak dimakan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Daunnya sudah lama dipercaya sebagai obat sakit perut dan batuk. Sedangkan buahnya diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Apa saja khasiat dari jambu biji? Berikut khasiat dari jambu biji (meliputi daun dan buah) yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Obat Batuk dan Flu
Para orangtua kita dulu bila terserang flu atau batuk, tidak akan pergi ke warung untuk membeli obat. Mereka cukup pergi ke pekarangan rumah atau tetangga untuk mencari pohon jambu biji.

Guna mengatasi batuk dan flu, para orangtua kita dulu melakukannya dengan dua cara. Yaitu memakan mentah daun jambu biji atau membuat jus jambu biji yang masih mentah.

Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Buah jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif menghambat infeksi virus flu.

2. Mengobati Sakit Perut (Diare)
Ini juga ramuan obat para orangtua kita dulu. Bila tengah terkena sakit perut, diare, atau disentri, para orangtua kita dulu kembali mendatangi pohon jambu biji untuk memetik beberapa helai daunnya.

Bisa dimakan mentah secara langsung maupun direbus. Untuk yang direbus, ambil tiga helai daun jambu biji direbus dengan dua gelas air. Hasil rebusannya disaring lalu diminum.

Secara ilmiah, daun jambu biji ternyata mengandung zat antibakteri yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare atau disentri sekaligus menyembuhkannya. Selain daun, buahnya pun mengandung zat antibakteri yaitu Karetinoid, vitamin C, dan Potasium.

3. Mencegah dan Mengobati Sembelit
Jambu biji mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk mencegah dan mengobati sembelit (konstipasi). Buah jambu biji ukuran sedang, mengandung 36 persen kebutuhan serat yang disarankan.

Tak hanya daun dan buah, bijinya pun berkhasiat bagi kesehatan. Biji buah ini menjadi laksatif yang berfungsi untuk membantu membersihkan pembuangan usus atau membuat kotoran bergerak dengan mudah di usus ketika terkena sembelit.

4. Mengobati Sariawan
Buah jambu biji juga diyakini menjadi obat yang ampuh guna mengobati sariawan. Pasalnya, vitamin C yang terkandung dalam jambu biji empat kali lebih tinggi dibanding vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk.

5. Merawat Kulit
Jambu biji dapat digunakan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas sehingga jambu biji bisa meningkatkan tekstur dan mengencangkan kulit yang mulai kendur.

Jambu biji mengandung vitamin A, C, dan potasium yang berfungsi sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat.

6. Membantu Penyembuhan DBD
Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti hingga saat ini masih banyak merenggut korban jiwa. Mereka yang meninggal biasanya disebabkan terlambat berobat ke dokter lantaran panas yang dideranya dianggap sebagai demam biasa.

Hingga kini belum ada obat spesifik bagi penderita DBD. Kendati demikian, jus jambu biji yang dagingnya berwarna merah dipercaya dapat membantu penyembuhan penderita DBD.

7. Mencegah dan Melawan Sel Kanker
Jambu biji mengandung vitamin C yang empat kali lebih tinggi dibanding buah jeruk. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan. Dan, jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen.

Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding likopen yang berasal dari tomat lantaran terdapat perbedaan dalam struktur selnya. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.

8. Menurunkan Hipertensi
Kandungan Kalium dalam jambu biji dapat membantu mengurangi dan mengontrol tekanan darah. Jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium.

Hasil penelitian menunjukkan, rutin mengonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah. Karena itu, jambu biji adalah buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi agar terhindar dari serangan jantung.

9. Menurunkan Kolesterol
Selain menurunkan hipertensi, jambu biji juga mampu menurunkan kadar kolesterol dengan mengencerkan darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah.

10. Aman Dikonsumsi Para Diabetesi
Jambu biji aman dikonsumsi para penderita diabetes (diabetesi) karena buah ini dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah. Bukan sekadar aman dikonsumsi, jambu biji yang telah direbus dan diambil airnya untuk diminum, dipercaya dapat mengobati Diabetes Melitus.

11. Meningkatkan Fungsi Otak
Jambu biji mengandung berbagai vitamin dari vitamin B yang dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga fungsi otak menjadi meningkat pula.

12. Meningkatkan Fungsi Penglihatan
Kandungan vitamin A dalam jambu biji bisa meningkatkan fungsi penglihatan pada mata.

13. Menurunkan Berat Badan
Buah ini memiliki komponen yang diperlukan untuk menurunkan berat badan, misalnya serat, protein dan vitamin. Buah ini juga membuat perut terasa lebih kenyang. Jambu biji berukuran sedang yang diasup saat makan siang sudah cukup untuk mengganjal perut sampai makan malam.

14. Mengatasi Gangguan Pernapasan
Gangguan pernapasan dan masalah umum kedinginan, bisa disembuhkan dengan jus daun jambu biji.

15. Merawat Gusi
Jambu biji juga mampu merawat gusi, mengatasi gusi bengkak dan berdarah. Caranya dengan rutin mengonsumsi jus jambu biji.

Itu lah 15 khasiat jambu biji bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (berbagai sumber/has)

Bagaimana menurut pembaca ?