Home » News » IPTEK » Ini 6 Item Produk yang Rentan Dipalsukan di Pasar Online
online shop, e-commerce, palsu

Ini 6 Item Produk yang Rentan Dipalsukan di Pasar Online

Jakarta, Tengokberita.com – Belanja secara daring atau online kini kian diminati masyarakat, seiring dengan kemajuan teknologi.

Orang memilih cara ini karena menilai nggak repot, lebih mudah dan kadang harganya jauh lebih murah. Kita tak perlu repot-repot melakukan perbandingan atau turba ke toko-toko atau mal.

Cukup duduk manis di depan layar kita menemukan barang yang kita butuhkan. Pilihan baik kualitas dan harganya juga beragam.

Barang yang diperdagangkan secara online juga kian beragam. Mulai dari hal-hal kecil seperti bumbu dapur, bahan makanan, tiket pesawat hingga rumah dan mobil kini diperdagangkan secara online.

Namun, di balik segala kemudahan itu Anda perlu berhati-hati saat berbelanja secara daring. Ketua Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) Widyaretna Buenastuti mengingatkan, menjamurnya online shopping sangat berisiko menjadi tempat beredarnya barang tiruan alias barang asli dengan kualitas 1 dan 2. Atau yang biasa kita kenal dengan barang KW.

(Baca: Korban Prostitusi Gay Online Capai 148 Orang)

Konsumen berhak mendapatkan produk asli karena telah membayar mahal. Sering gambar di internet berbeda dengan barang yang diterima konsumen,” ujarnya di sebuah acara di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, dari pemantuan MIAP terdapat enam item produk yang rentan dipalsukan yakni obat-obatan, produk kulit, produk fesyen (apparel), piranti lunak komputer, food and beverage (F & B), dan tinta cetak komputer. Untuk itu ia meminta agar masyarakat lebih berhati-hati saat berbelanja keenam item produk tersebut di pasar online.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen MIAP Justisiary Perdanakusuma mengingatkan perdagangan online sering tidak adil bagi konsumen. Hak konsumen, ujarnya, sangat sering diabaikan. Untuk itu ia meminta pengelola marketplace untuk lebih proaktif dalam melindungi konsumen dengan menjatuhkan sanksi kepada para pengecer yang nakal.

Jika memang seorang pedagang online terbukti berkali-kali menjual produk yang tak asli, maka pihak marketplace harus menindaknya dengan memblokir akunnya. Ini efektif untuk menyaring barang palsu beredar di pasar online,” tegasnya. (emu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Kenapa Teroris Memilih Telegram?

Jakarta, Tengokberita.com – Telegram adalah media sosial. Aplikasi ini tak beda jauh dengan whatsapp, line, ...

Ini 6 Item Produk yang Rentan Dipalsukan di Pasar Online

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0