Ini Pembelaan PAN Soal Dosa-dosa Amien Rais

185

Jakarta, Tengokberita.com- Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bisa saja mencari dosa-dosa sosok senior yang menuduh Presiden Jokowi ngibul soal sertifikat tanah. Meski tak menyebut nama, publik sudah paham bahwa yang dimaksud oleh Luhut adalah Amien Rais.
Kalau main-main kita bisa cari dosamu kok. Emang kau siapa,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan pidato di Gedung BPK, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Dari pilihan kata dan intonasi yang disampaikan oleh lelaki lulusan AMN 1970 jelas menunjukkan sebuah kemarahan terhadap Amien Rais. Tetapi, kenapa Luhut memilih kata “dosa-dosa”, sebuah kata yang memiliki perbedaan makna jika dilihat dari sudut pandang kristen dan Islam. Dosa adalah adalah suatu istilah yang terutama digunakan dalam konteks agama untuk menjelaskan tindakan yang melanggar norma atau aturan yang telah ditetapkan Tuhan atau Wahyu Illahi.

Karena itulah, Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay juga kebingungan dengan dosa yang dimaksud Luhut. “Saya tidak tahu dosa apa yang dimaksud? Kalau urusan dosa, saya kira itu urusan Tuhan,” ujar Saleh Partaonan Daulay.

Waketum PAN Taufik Kurniawan juga mengatakan hal senada bahwa sebagai manusia tidak akan pernah luput dari dosa. Karena itu tidak usah masuk perasaan. Apalagi, melalukan ancaman.

“Nggak usah terlalu baper ya, nggak usah terlalu kemudian saling mengancam,” ujar dia di Jakarta, Selasa (20/3/2018). Apalagi, kritik keras Amien Rais, bukan hanya pada pemerintahan Joko Widodo. Pada pemerintahan sebelumnya juga sama. Bahkan, ketika Soeharto berkuasa, Amien sudah sering melontarkan kritik.

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin juga angkat bicara. Din meminta berbagai pihak untuk tidak melakukan ancam mengancam. Karena sikap ancam-mengancam sangat potensial mengganggu kerukunan bangsa. Apalagi, kata dia, jika masing-masing saling membuka kesalahan.

Sebagai pribadi dan sekaligus seorang manusia, mantan Ketua MPR ini memang bukan sosok yang sempurna. Namun, seperti kata Taufik Kurniawan. Kritik tajam yang dilontarkan Amien memang sudah menjadi ciri khas.“Pak Amien kan karakternya begitu,” ujar Taufik. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?