Home » News » Kasus » IPW: Tangani Kasus IBU Polisi Jangan Mau Diintervensi

IPW: Tangani Kasus IBU Polisi Jangan Mau Diintervensi

Jakarta, Tengokberita.com – Indonesia Police Watch (IPW) mendesak kontroversi kasus beras yang melibatkan PT IBU (Indo Beras Unggul) harus diselesaikan lewat jalur hukum, baik lewat prapradilan maupun pengadilan sehingga ada kepastian hukum. Selain itu, Polisi jangan mau diintervensi siapa pun dalam menangani kasus ini. Namun Polisi juga perlu memperhatikan kestabilan harga beras pasca heboh kasus PT IBU.
Ketua Presidium Indonesia  Police Watch (IPW), Neta  S Pane mengatakan setelah menetapkan TW Dirut PT IBU sebagai tersangka, sepertinya Polisi akan kembali menjadikan sejumlah orang sebagai tersangka, baik dari PT IBU maupun PT TPSP sebagai induk perusahaan tersebut. Ini dilakukan karena Polisi tengah mengusut kasus perdagangan curang dan monopoli, penipuan konsumen dan pencucian uang dalam kasus PT IBU.
Dalam kasus perdagangan curang dan monopoli, polisi menemukan indikasi adanya aksi borong dan monopoli pembelian padi di sentra sentra padi saat musim panas. Akibatnya para pedagang menengah bawah bangkrut dan usahanya mati suri karena tidak kebagian padi. Sebaliknya di musim hujan padi petani dibiarkan terpuruk,” kata Neta secara tertulis kepada tengokberita.com, Jumat (4/8/2017)
Selain itu,  kata dia, dugaan kecurangan juga diindikasikan polisi adanya beras medium yang dijual dengan harga premium. Dan Uang hasil dari aksi kecurangan ini lalu diinvestasikan ke bidang lain. Dugaan inilah yang sedang ditelusuri polisi untuk kemudian akan diamankan sejumlah tersangkanya.
Disebut Neta, belajar dari kasus PT IBU ini Menko Perekonomian, Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian perlu duduk satu meja untuk menertibkan tata niaga beras agar tidak penuh kecurangan yang mematikan usaha kecil menengah di sentra sentra pertanian padi.
Sepintas aksi borong yang dilakukan perusahaan perusahaan besar itu menguntungkan petani. Tapi secara jangka panjang akan merugikan usaha kecil menengah di sentra pertanian, mengingat saat ini cukup banyak perusahaan besar yang bermain di bisnis beras“, paparnya.
Karena itu, IPW berharap kasus PT IBU menjadi terapi kejut untuk menertibkan tata niaga beras dan mafia beras di negeri ini. (rot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Terima Suap, KPK Jadikan Walikota Cilegon Tersangka

Jakarta, Tengokberita.com-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan status penyidikan dan menetapkan Walikota Cilegon Tubagus Iman Aryadi ...

IPW: Tangani Kasus IBU Polisi Jangan Mau Diintervensi

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0