Home » News » Negara » Jaksa Agung: Kewenangan Penuntutan Kasus Korupsi Ada di Kejagung

Jaksa Agung: Kewenangan Penuntutan Kasus Korupsi Ada di Kejagung

Jakarta, Tengokberita.com – Jaksa Agung HM Prasetyo mengusulkan, fungsi dan kewenangan penuntutan yang kini melekat pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebaiknya mendapat izin dari Kejaksaan Agung.

Usulan ini dilakukan guna efektifitas pemberantasan korupsi. Prasetyo menilai, Kejaksaan Agung memiliki keterbatasan terkait fungsi penuntutan kasus korupsi.

Jaksa Agung lalu merujuk Singapura dan Malaysia, di mana di kedua negara tersebut lembaga sejenis KPK hanya memiliki fungsi dan kewenangan penyelidikan dan penyidikan.

Di Malaysia, kata Prasetyo, lembaga SPRM (KPK-nya Malaysia) memiliki divisi penuntutan. “Tetapi ketika akan melakukan penuntutan, tetap harus memiliki izin dari Kejaksaa Agung-nya Malaysia,” kata Prasetyo saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Senin (11/9/2017).

Dikatakan Prasetyo, Jaksa Agung adalah penuntut umum tertinggi. “Tetapi di dalam UU KPK, kewenangan tersebut tidak sepenuhnya berlaku. Di Singapura dan Malaysia, tidak saling menyalahkan dan saling menjatuhkan,” Prasetyo menambahkan.

(Baca: Kejagung Sambut Baik Putusan MK Tentang SPDP)

Menurut Prasetyo, suatu kelembagaan yang diberikan kewenangan yang luar biasa, akan bertindak semena-mena dan tidak bisa dikontrol.

Kendati demikian, Jaksa Agung Prasetyo mengatakan, upaya harmonisasi tiga lembaga hukum (Polri, Kejaksaan, dan KPK) sudah dilakukan dengan membuat dan menandatangani nota kesepahaman (MoU).

KPK, Kejaksaan, dan Polri masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Ada perbedaan kewenangan yang diberikan.”

Dengan demikian, kata Prasetyo, persoalan penegakan hukum pemberantasan korupsi dapat berjalan yang baik tanpa ada rasa saling berebut dan sebagainya. (has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

sekolah, guru, rdp

Dewan Prihatin Gaji Guru Honorer Rp 100 ribu

Jakarta, Tengokberita.com – Anggota dewan prihatin terhadap nasib guru honorer. Karena hingga kini masih ada ...

Jaksa Agung: Kewenangan Penuntutan Kasus Korupsi Ada di Kejagung

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0