Home » News » Negara » Hankam » Jaksa Agung: RUU Antiteroris Mendesak Disahkan
ruu, antiteroris, teroris,

Jaksa Agung: RUU Antiteroris Mendesak Disahkan

Jakarta, Tengokberita.com – RUU Antiteroris mendesak untuk disahkan DPR. Pasalnya tindakan agresif oleh kelompok teroris di Indonesia sudah semakin masif dilakukan sehingga pelibatan TNI dalam mencegah aksi terorisme sangat dibutuhkan.

Hal ini diyakini akan meningkatkan kesigapan Polri dalam menangani setiap aksi yang diindikasikan terkait terorisme.

Pelibatan TNI itu bukan keinginan, tapi kebutuhan. TNI harus dilibatkan dalam upaya menghadapi tindakan masif yang semakin meningkat dari terorisme,” kata Jaksa Agung HM Prasetyo di kantornya, Rabu (31/5/2017).

Dikatakan Jaksa Agung, jika RUU antiterorisme juga diperlukan untuk memberikan payung hukum kepada aparat untuk menindak pelaku yang dicurigai sebagai teroris. Selama ini belum adanya payung hukum ini membuat langkah antisipatif dari aparat sangat terbatas. Semuanya harus menunggu aksi teror terjadi terlebih dahulu.

(Baca: RUU Terorisme, TB Hasanjuddin Dorong Peran TNI)

Perlunya segera direvisi UU terorisme selama ini cenderung belum mencukupi, belum memadai karena UU teror saat ini belum bisa melakukan tindakan apapun atas indikasi gerakan terorisme sebelum menimbulkan akibat dari perbuatannya,” kata Prasetyo.

Beberapa pasal yang ada dalam UU Terorisme perlu direvisi terutama terkait delik materiil. Perlu diubah menjadi delik formil sehingga aparat lebih leluasa dalam melakukan sejumlah penanganan aksi terorisme. Tindakan pencegahan, lanjut Prasetyo, mutlak diperlukan sebab jika selamanya harus menunggu korban berjatuhan akan menimbulkan stabilitas keamanan negara terancam.

“Kita harus jaga NKRI ini dari kejahatan teror yang mengancam kehidupan bangsa bernegara dan persatuan,” ucap Prasetyo. (din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

jad, teroris, isis

Kapolri Sebut Kelompok JAD Pelaku Teror di Mapolda Sumut

Jakarta, Tengokberita.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan dua pelaku teror di Mapolda Sumut  berinisial SP ...

Jaksa Agung: RUU Antiteroris Mendesak Disahkan

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0