Home » News » Gaya Hidup » Jalan Panjang Para Peserta Jamnas VW Indonesia

Jalan Panjang Para Peserta Jamnas VW Indonesia

Tasikmalaya, Tengokberita.com – Banyak kisah menarik di balik penyelenggaraan Jambore Nasional Volkswagen Indonesia ke-48 di Tasikmalaya, Jawa Barat yang berlangsung Sabtu-Minggu ini. Banyak peserta yang harus menempuh perjalanan selama berhari-hari untuk bisa sampai di Tasikmalaya.

Sukirman dan Mosul Mann dari Bukittinggi adalah salah satunya. Mereka harus menempuh perjalanan selama 4 hari untuk bisa ikut pesta dua tahunan ini. Dengan VW kombi Brasil tahun 1980nya, Mann berangkat secara berombongan dengan beberapa klub VW di Pulau Sumatra, seperti dari Aceh, Lampung dan Sumatera Barat. Total ada sekitar 20 mobil dalam rombongan ini.

Dari Sumatera total ada lima kloter yang berangkat dengan jumlah mobil lebih dari 100 orang,” terang Mann saat ditemui Sabtu (19/8/2017) di lokasi Jamnas.

Keberangkatan Mann dan teman-temannya telah dipersiapkan matang-matang. Sebelum berangkat mereka mengecek keseluruhan kondisi mesin. Cadangan mesin dan spare part, selalu menjadi hal yang tak pernah dilupakan bagi para penyuka VW saat melakukan perjalanan jauh. Ya, factor usia kadang membuat mesin kendaraan ini sedikit rewel.

Dan untuk Jamnas kali ini, Sukirman dan Mosul juga membawa sejumlah peralatan rumah tangga seperti mesin penanak nasi serta mesin pemasak air sehingga di jalan rombongan ini tak bakal kelaparan di jalan.

Kalau merasa lapar, kita tinggal berhenti di tempat yang nyaman lalu menggelar tikar dan makan ramai-ramai,” terang Sukirman yang mengaku berdarah Jawa tetapi lama tinggal di Bukittinggi.

(Baca: Kunjungi Gong Perdamaian Jamnas VW Bawa Pesan Damai)

Untuk pasokan listrik, mereka tak perlu khawatir karena mobil VW ini telah dilengkapi inverter yang mampu menghasilkan daya hingga 3000 watt.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Ony Mubarak yang datang bersama tiga orang rekannya. Onny, pengusaha muda asal Makassar Sulawesi Selatan ini melengkapi mobil VW kombinya dengan bar kecil dan menata interior laykanya sebuah ruang duduk yang nyaman.

Dan, untuk meramaikan Jamnas kali ini, Onny yang saat ini berusia 26 tahun meluangkan waktu hampir dua minggu. Sebelum sampai di Tasikmalaya, Onny yang membawa mobilnya melalui jalur darat mulai dari Kediri ini, sudah enam hari menyusuri Pulau Jawa.

Ia menempuh Kediri-Malang-Kediri-Solo-Semarang-Yogya-Bandung dan berakhir di Tasikmalaya. Ia memanfaatkan momen ini untuk lebih mengenal kota-kota di pulau Jawa lebih dekat. Beruntungnya di Tasikmalaya ini mereka juga bertemu dengan sesame penyuka VW, tak hanya dari seluruh wilayah Indonesia tetapi juga dari beberapa Negara ASEAN.

Bergabung dengan perkumpulan ini membuat saya lebih mengenal Indonesia,” ujar Onny mengakhiri perbincangan dengan tengokberita.com. Jadi lewat VW mereka dipersatukan. (emu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

yogyakarta, kuliner

3 Street Food yang Wajib Anda Cicipi di Yogyakarta

Yogyakarta, Tengokberita.com –  Yogyakarta menjadi salah satu destinasi liburan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.   ...

Jalan Panjang Para Peserta Jamnas VW Indonesia

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 2 min
0