Jelang Pergantian Tahun, Waspadai Makanan Berformalin!

Ikan asin gabus yang diawetkan menggunakan formalin. (Foto: Hasan/Tengokberita.com)

Bogor, Tengokberita.com – Pergantian tahun menjadi salah satu agenda besar tahunan yang selalu dirayakan meriah. Sebagaimana Lebaran, momen pergantian tahun juga identik dengan penghamburan uang.

Apalagi dibarengi dengan Natal. Jadilah natal dan tahun baru sebagai liburan panjang. Semua orang sama-sama memanfaatkan momen liburan panjang akhir tahun ini dengan aneka kegiatan.

Dari aspek ekonomi, pada masa-masa ini ada permintaan (demand) pasar yang amat besar. Momen ini lah yang acap dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab.

Salah satu di antaranya adalah dengan mengawetkan makanan dengan zat berbahaya seperti formalin. Bahan kimia yang biasanya digunakan untuk mayat dan sudah lama dilarang pemerintah karena berbahaya bagi orang yang mengonsumsinya tersebut kini disinyalir kembali marak digunakan para pedagang.

Tengokberita.com yang menelusuri keberadaan makanan berformalin di pasar tradisional Parung, Bogor, Jawa Barat, menemukan ikan asin yang diawetkan menggunakan formalin. Yang paling mencolok, penggunaan formalin itu didapati pada ikan asin jenis gabus.

Dari beberapa pedagang yang ditemui di pasar tradisional Parung, hanya ikan asin gabus yang nyaris tidak dikerumuni lalat. Guna membuktikannya, Tengokberita.com membeli ikan asin gabus dari salah seorang pedagang seharga Rp12.500 untuk berat seperempat kilogram. Harga ini memang mengalami lonjakan dibanding bulan lalu yang masih berada di kisaran harga Rp45.000 hingga Rp48.000/kg.

Setibanya di rumah, ikan asin gabus yang baru dibeli itu sengaja diletakkan di dekat tempat sampah yang tengah banyak dikerumuni lalat. Tapi tak satu pun lalat yang mau hinggap.

Begitu pula ketika disodorkan kepada seekor kucing. Satwa itu pun hanya mengendusnya sebentar lalu membiarkannya begitu saja di sampingnya.

Temuan di pasar tradisional Parung ini bukan tidak mungkin ada di pasar-pasar lainnya. Juga tidak tertutup kemungkinan, makanan yang diawetkan menggunakan formalin tidak sebatas pada ikan asin jenis gabus.

Jadi, sebaiknya Anda teliti dan selalu waspada dalam berbelanja aneka keperluan guna merayakan pergantian tahun. Selamat tahun baru 2018….(has)

Bagaimana menurut pembaca?