Jumlah Minim, Toilet Diserbu Peserta Aksi 17/12

52
Bus toilet yang disediakan panitia di lapangan Monas, diserbu peserta aksi 17/12, Minggu (17/12/2017). (Foto: Fajar Nugraga)

Jakarta, Tengokberita.com – Para peserta aksi 17/12 Bela Palestina mengeluhkan sedikitnya toilet yang disediakan panitia di lapangan Monas. Alhasil, antrean panjang selalu terjadi di setiap toilet yang disediakan panitia.

Sudah setengah jam (antre), mas,” kata salah satu peserta aksi kepada Tengokberita.com di lapangan Monas, Minggu (17/12/2017).

(baca: Massa 17/12 Soraki Menag Supaya Turun dari Panggung)

Pria itu tengah mengantre di bagian tengah pada toilet belakang panggung utama. Dan mungkin masih menunggu setengah jam lagi agar bisa buang air kecil. Peserta yang sudah tidak tahan, berteriak agar yang tengah berada di dalam toilet untuk menyegerakan buang airnya.

Pemandangan serupa juga terlihat di sejumlah toilet di titik lain. Massa tampak mengular di setiap toilet. Tak hanya di toilet pria, pemandangan serupa pun terjadi di toilet wanita yang jumlah toiletnya malah jauh lebih sedikit.

Berdasarkan pengamatan Tengokberita.com, di belakang panggung ditempatkan dua bus toilet. Yaitu satu bus toilet panitia yang dibuka untuk umum dan bus toilet VIP yang diperuntukkan bagi para pejabat dan tokoh agama yang berorasi di panggung.

Bus toilet untuk tamu VIP ini tampak kosong melompong dan dijaga ketat petugas keamanan.

Bus-bus toilet lainnya tampak ditempatkan di beberapa titik di lapangan monas. Namun jumlah bus toilet yang disediakan panitia, tampaknya tidak sebanding dengan jumlah peserta aksi 17/12 yang hadir. (nug)

Bagaimana menurut pembaca?