Kado HUT Istimewa Sang Legenda Catur Indonesia : Dilantik Jadi Pimpinan DPR

74
UTUT ADIANTO

Jakarta, Tengokberita.com – Sang legenda catur Indonesia, Utut Adianto Wahyuwidayat, mendapat kado istimewa di usianya yang baru saja menapaki 53 tahun. Siang ini, pria kelahiran Jakarta, 16 Maret 1965 tersebut dilantik menjadi Wakil Ketua DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Utut menjadi Wakil Ketua DPR tambahan dari F-PDIP. Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri sudah menetapkan Utut Adianto sebagai Wakil Ketua DPR RI. Surat keputusan dari PDIP yang ditandatangani Ketum Megawati itu telah diserahkan kepada Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) pada Senin (19/3/2018).

Fraksi PDI-P di DPR mendapat jatah satu kursi pimpinan DPR setelah UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) berlaku. Dalam revisi UU MD3, PDI-P sebagai parpol pemenangan Pemilu 2014 berhak atas kursi pimpinan DPR.

Utut Adianto adalah legenda catur Indonesia. Pada 1986, Utut meraih gelar Grandmaster, di saat usianya masih 21 tahun dan tercatat sebagai pecatur termuda Indonesia ketika itu yang meraih gelar Grandmaster.

Ayah satu anak ini sempat menjadi Grand Master Super pada 1995-1999, saat ELO ratingnya melebihi 2600. ELO rating Utut tercatat 2566 dan hingga kini belum ada pecatur Indonesia yang mencapai ELO rating tersebut.

Utut yang sejak kecil tergabung dalam Klub Catur Kencana, menjadi Juara II Catur Dunia yang digelar di Puerto Rico, Amerika Serikat pada 1979, ketika usianya 14 tahun. Sejak itu, suami dari dr Tri Hatmanti Endang Susilowati ini memenangi banyak kejuaraan catur tingkat internasional di banyak negara.

Pada 1993, bersama dua temannya, Utut mendirikan Sekolah Catur Utut Adianto di Bekasi. Dari sekolah catur yang didirikannya ini terlahir banyak pecatur muda Indonesia yang meraih gelar Grandmaster seperti Susanto Megaranto yang meraih gelar GM pada usia 17 tahun (2004) dan Irene Kharisma Sukandar yang merupakan satu-satunya pecatur wanita Indonesia yang meraih gelar Grand Master Woman (GMW) dan Master FIDE Woman (MFW) di saat usianya masih 16 tahun.

Setelah puluhan tahun menggeluti dunia catur, Utut yang pernah berlaga dengan pecatur juara dunia Anatolly Karpov ini terjun ke dunia politik dengan bergabung ke PDI-P. Mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah VII, Utut terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. Pada 2014, Utut kembali terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2014 – 2019 dan kemudian menjadi Ketua F-PDIP di DPR. (has)

Bagaimana menurut pembaca?