Kalah Praperadilan, Apa Langkah Setya Novanto Selanjutnya?

37

Jakarta, Tengokberita.com-Sidang praperadilan Setya Novanto terhadap KPK sudah gugur. Kini pihak Novanto akan fokus menghadapi sidang di Pengadilan Tipikor.

“Kita akan konsentrasi di sidang pokok perkara, termasuk aspek-aspek keadilan. Karena banyak jalan untuk mencari keadilan,” ujar Kuasa Hukum Setya Novanto Firman Wijaya sesudah menjenguk Setya Novanto di rutan KPK, Jumat (15/12/2017).

(baca:Saksi Ahli: Sidang Tipikor Dibuka, Praperadilan Setya Novanto Gugur)

Kendati demikian, Firman Wijaya, menyesalkan keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinilai tidak menghargai sistem hukum di Indonesia. Demikian pula Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang memutuskan untuk menetapkan majelis hakim serta menjadwalkan sidang pokok perkara kasus korupsi KTP elektronik.

Saya menyesalkan kenapa sistem peradilan kita tidak saling menghargai, kan praperadilan itu sudah ditetapkan Undang-undang selama 7 hari, kenapa KPK dan pengadilan tidak saling menghargai sebuah sistem,” ujar Firman.

Dengan dilimpahkannya berkas serta dimulainya persidangan di Pengadilan tindak pidana korupsi Jakarta, maka kata Firman, peradilan tidak berjalan fair dan terbuka. (wap)

Bagaimana menurut pembaca?