Home » News » Kasus » Kasus Kematian Bayi Debora, RS Mitra Keluarga Dipolisikan

Kasus Kematian Bayi Debora, RS Mitra Keluarga Dipolisikan

Jakarta, Tengokberita.com – Kasus kematian bayi Tiara Debora Simanjorang (4 bulan) akhirnya bermuara juga di kantor polisi.

RS Mitra Keluarga Kalideres Jakarta Barat dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Majelis Advokat Nasional Indonesia (Madani), Kamis (14/9/2017). Rumah sakit tersebut dilaporkan karena diduga membiarkan pasien yang mengakibatkan bayi Debora meninggal.

Laporan tertuang dalam surat laporan dengan nomor LP/4414/IX/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 14 September 2017. RS Mitra Keluarga dituduh melanggar Pasal 32 ayat 2 jo 85 jo Pasal 190 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Wakil Ketua Umum Madani Ilal Ferhard mengatakan, kasus meninggalnya bayi Debora seperti yang terjadi di RS Mitra Keluarga Kalideres Jakarta Barat selama ini sering terjadi di Jakarta. Hal itu ia ketahui ketika selama menjadi anggota DPRD DKI, Ilal kerap menerimakeluhan soal penanganan yang kurang tepat dari pihak rumah sakit.

Ilal mengajak masyarakat yang merasa pernah menjadi korban kesewenang-wenangan rumah sakit, untuk bersama-sama Madani berani bersuara dan melaporkan kasus yang mereka alami ke kepolisian.

(Baca: Soehatman Ramli: Ada Pembiaran, Polri Bisa Intervensi Kasus Kematian Bayi Debora)

Saya anggap ini (kasus kematian bayi Debora) di Jakarta sudah ‘stadium 3’. Dan hampir semua rumah sakit. Mari… ayo kita laporan,” kata Ilal di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Sementara itu, pengurus Madani, Zakir Rasyidin, mengatakan pelaporan ini dilakukan agar masalah pasien yang tidak ditangani secara tepat waktu, tidak terus terulang. Dia ingin rumah sakit tidak hanya berorientasi pada uang, pelayanan juga harus menjadi perhatian utama.

Karena itu, dia berharap pemerintah dapat memberikan sanksi kepada RS Mitra Keluarga. Bahkan dia meminta Kementerian Kesehatan mencabut izin operasional rumah sakit tersebut.

Kita harap Kemenkes tidak hanya sanksi teguran atau sifatnya administrasi. Kalau bisa dicabut izinnya dan ya sudah dihentikan,” kata Zakir. (has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Ini Kronologi Jony Tikam Selingkuhannya Gara-gara ‘Mr P’ Nya Diledek Kecil

Kasus Kematian Bayi Debora, RS Mitra Keluarga Dipolisikan

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0