Home » News » Urban » Khutbah Iedul Adha Serukan Umat Bantu Warga Rohingnya
AP Photo/Anurup Titu

Khutbah Iedul Adha Serukan Umat Bantu Warga Rohingnya

Jakarta, Tengokberita.com – Ajakan dan seruan untuk mendoakan warga Rohingnya yang mengalami duka akibat menjadi korban kebrutalan pemerintah Myanmar tak hanya menggema di media sosial. Doa untuk sekitar 30 ribuan pengungsi tersebutpun mengalir pada khutbah Iedul Adha, yang salah satunya digelar di lapangan Perguruan Muhammadiyah 4, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (1/9/2017), sebagai reaksi atas kekerasan rezim pemerintah Myanmar atas kekerasan yang menimpa warga Muslim Rohingnya.

Dalam khutbahnya, Ustadz Ardiansyah, seorang Sarjana Theologi Islam Universitas Universitas Muhamadiyah Yogyakarta itu mengungkapkan, kebrutalan yang dialami warga Rohingnya tak terlepas dari kondisi umat Islam yang secara umum masih dalam kondisi yang lemah.

“Umat Islam saat ini banyak yang masih lemah termasuk di luar negeri, akibat kelemahan tersebut mereka masih selalu terjajah dan tertindas, contohnya Palestina dan yang baru baru ini saudara-saudara kita di Rohingnya. Kelemahan umat Ini dapat di lihat dari fakta kehidupan muslim saat ini. Mereka beribadah haji dengan aturan islam, shalat dengan aturan Islam, menikah dengan aturan Islam tetapi ekonomi mereka tidak mengelolanya dengan aturan Islam, tidak mengatur sistem pertahanan dan keamanan dgn aturan Islam, tidak mengatur politik dalam dan luar negerinya dengan aturan islam. Inilah yang menjadi penyebab lemahnya umat Islam,” kata Ardiyansah.

Khotib menambahkan, hikmah dari Iedul Adha itu oleh karenanya adalah menyalakan kembali semangat pengurbanan guna meraih kemuliaan. Berdasarkan hikmah Iedul Adha tersebut, dia menekankan kembali kewajiban bagi umat yang lebih kuat untuk membantu yang lemah.

Khutbah ini kemudian ditutup dengan doa kepada kaum muslim yang terdzholimi di mamapun mereka berada.“ Ya Alloh Azablah orang orang Dzolim yang menghalang halangi kami dari jalanMu, mendustakan RasulMu. Ya Allah ampunilah orang-orang mukmin juga orang orang Muslim. Perbaiki urusan mereka, satukanlah hati hati mereka, serta jadikanlah iman dan hikmah dalam hati mereka. Menangkanlah mereka atas musuh musuhMu dan musuh musuh mereka, Duhai Tuhan segala kebenaran jadikanlah kami di antara mereka” demikian Ustadz Ardiansyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Status Siaga, Lereng Gunung Agung Terbakar

Denpasar, Tengokberita.com – Lereng Gunung Agung Terbakar. Namun, kebakaran itu menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ...

Khutbah Iedul Adha Serukan Umat Bantu Warga Rohingnya

Tengok Berita red Berita Hari ini: 1 min
0