Home » News » Kasus » KMSA: Tangkap Setya Novanto

KMSA: Tangkap Setya Novanto

Jakarta, Tengokberita.com – Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi (KMSA) berunjuk rasa di depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (14/9/2017). Mereka mendesak KPK untuk menangkap Setya Novanto
Anggota Gerakan Anti Korupsi (GAK) Lintas Perguruan Tinggi, Bachtiar, salah satu elemen yang tergabung dalam koalisi mengatakan,mereka berkumpul di KPK untuk menyatakan kegeraman terhadap Setya Novanto. Ketua DPR RI itu dianggap sebagai aktor yang bertanggung jawab atas kasus korupsi e-KTP.
Apabila aksi dan pertemuan hari ini belum membuahkan hasil, minggu depan kami siap aksi dengan massa yang jauh lebih banyak” ujar Bachtiar kepada Tengokberita.com.
Bahkan, dia mengusulkan para pejabat yang terlibat korupsi harusnya dihukum berat. “Misalnya tidak boleh terjun lagi di politik, kalau perlu dimiskinkan saja” sambung dia.
Sementara itu, menurut Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi mengatakan ada 8 alasan mengapa Setya Novanto harus ditahan.
1. Kasus korupsi E-KTP adalah perkara korupsi dengan kerugian negara terbesar yang ditangani oleh KPK. Setidaknya Rp. 2,3 Triliun uang negara hilang karena dikorupsi dalam proyek ini.
2. Kasus ini tidak hanya diduga melibatkan Setya Novanto, tetapi juga banyak anggota DPR RI lainnya. Menurut KPK, sekurangnya 59 anggota DPR dianggap diuntungkan atas korupsi E-KTP
3. Mega skandal korupsi E-KTP yang melibatkan banyak pihak ini juga membuat situasi politik menjadi gaduh. Karena diduga menyeret banyak anggota DPR, maka Pansus Angket KPK dibentuk sebagai perlawanan terhadap kerja KPK.
4. Menutup kesempatan upaya Setya Novanto untuk mempengaruhi saksi-saksi dan menghilangkan barang bukti yang mungkin saja masih dibutuhkan oleh KPK
5. Setya Novanto juga sedang mengajukan Praperadilan atas penetapan tersangka dirinya di pengadilan. Selain mengulur waktu, upaya ini tak lain adalah siasat untuk terlepas dari jerat status tersangka. Apalagi baru-baru ini Setya Novanto mangkir dari panggilan KPK dengan alasan sakit.
6. KPK bisa semakin fokus dalam mempercepat kasusnya untuk dilimpahkan ke pengadilan. Dengan begitu, permohonan praperadilan Setya Novanto akan gugur dengan sendirinya.
7. Menahan Setya Novanto sangat dimungkinkan, mengingat Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) memberikan kewenangan bagi penyidik atau penuntut untuk melakukan penahanan demi kepentingan penyidikan atau penuntutan.
8. Korupsi E-KTP adalah mega skandal yang menyita perhatian publik. Melakukan penahanan terhadap Setya Novanto adalah wujud komitmen KPK membongkar mega skandal korupsi ini dengan cepat dan tanpa pandang bulu.
Koalisi Masyarakat Anti korupsi terdiri dari Youth Proactive, ICW, BEM UI, kontras, LBHI, LBH Jakarta, Muhammadiya, dan GAK. (wib)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Ini Kronologi Jony Tikam Selingkuhannya Gara-gara ‘Mr P’ Nya Diledek Kecil

KMSA: Tangkap Setya Novanto

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 2 min
0