Komik Tintin Terinsipirasi dari Kehidupan Seorang Tentara Belgia yang Diperolok Teman

Jakarta, Tengokberita.com – Siapa yang tak kenal Tintin? kisah Petualangan Tintin dalam komik-komiknya seperti “Tawanan Dewa Matahari”, “Cerutu Sang Faraoh”, “Tongkat Raja Ottokar”, “Hiu-Hiu Laut Merah” dan beberapa kisah petualangan Tintin lainnya begitu terkenal se-jagat raya.

Komik Tintin digemari masyarakat di dunia, dari generasi ke generasi. Komik ciptaan Georges Remi atau yang lebih dikenal dengan Herge ini muncul pertama kali di lampiran bagian anak-anak dari koran Belgia berbahasa Prancis, Le Vingtième Siècle pada tanggal 10 Januari 1929 yang kemudian menjelma menjadi idola jutaan orang di seluruh dunia.

Tak hanya anak-anak, tetapi juga remaja bahkan hingga dewasa. Tak heran jika tokoh karakter fiksi tersebut telah mendapatkan ucapan selamat dari para penggemarnya di seluruh dunia lewat akun resmi Facebook dan Twitternya ketika merayakan hari jadinya ke-89 tahun pada 10 Januari 2018 lalu.

Tokoh utama dari komik ini adalah Tintin seorang wartawan muda petualang dengan tata rambut yang unik. Sejak kemunculannya pertama kali, ia telah ditemani oleh seekor anjing yang bernama Snowy.

Dalam kisahnya dimunculkan beberapa tokoh tambahan seperti Kapten Haddock, yang terkenal dengan sumpah serapahnya, namun dia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kepelautan. Kemudian ada juga Profesor Calculus yang selalu membawa pendulum dan digambarkan sangat cerdas namun memiliki masalah dengan pendengarannya. Serta tak lupa karakter detektif kembar yang sangat tidak kompeten yaitu Thomson dan Thompson.

 

Thomson and Thompson

Dalam komiknya, Tintin digambarkan memiliki sikap yang selalu ingin tahu, berjiwa mulia, pemaaf dan memiliki kecerdasan yang sangat tinggi serta memiliki karakter imaginatif. Tintin juga dapat memahami dan mampu berkomunikasi dalam berbagai bahasa asing, selain itu dia juga mampu mengendarai mobil, motor, menunggang kuda bahkan menerbangkan pesawat terbang atau helikopter.

Walaupun sekilas tampak lemah tapi dia digambarkan sangat atletis, memiliki kekuatan fisik yang sangat besar, dan memiliki kemampuan untuk mengalahkan lawan-lawannya yang kadang-kadang memiliki postur lebih besar darinya.

Tokoh Tintin digambarkan tidak memiliki saudara sama sekali, baik Ibu, Ayah ataupun saudara kandung, namun dia hanya sempat membicarakan soal keluarga yaitu ketika dia bertemu pertama kali dengan Kapten Haddock di komiknya yang berjudul “Kepiting Bercapit Emas”.

Di awal-awal episodenya, Tintin diinspirasikan oleh adik laki-laki dari Herge yaitu Paul Remi, seorang tentara yang sering diolok-olok oleh temannya dengan sebutan ‘Mayor Tintin’, Paul kemudian memotong rambutnya yang kemudian diikuti Herge seperti potongan rambut Tintin di komiknya.

Kehidupan pribadi Herge juga banyak mempengaruhi kisah di komik Tintin, Herge pun muncul dalam beberapa komik sebagai karakter latar. Sejak kemunculannya, komik Tintin sudah diterbitkan dalam 70 bahasa dengan penjualan lebih dari 200 juta copi di seluruh dunia, bahkan serial Petualangan Tintin juga diadaptasi dalam bentuk film kartun animasi dan film layar lebar yang diperankan oleh manusia. Happy Birthday Tintin !! (pink)

Bagaimana menurut pembaca?