Home » News » Kasus » KPK : Permohonan Setnov Keliru
setnov, kpk, korupsi

KPK : Permohonan Setnov Keliru

Jakarta, Tengokberita.com- Lewat sidang praperadilan  Setya Novanto meminta status tersangkanya digugurkan. Namun  KPK meminta hakim tunggal praperadilan menolak permohonan Setya Novanto tersebut

Selain itu,KPK menjawab tudingan pihak pemohon, yakni Setya Novanto yang menyatakan proses penyidikan tidak sah lantaran ada status ganda penyidik KPK. Status yang dimaksud adalah pegawai tetap KPK, tetapi masih sebagai anggota aktif Polri.

KPK menjelaskan bahwa permohonan Setya Novanto keliru dan tidak beralasan. Tuntutan itu, kata KPK harusnya diajukan ke Pengadilan Tata Usaha.

Hakim praperadilan tidak berwenang melakukan uji praperadilan karena hanya berwenang menguji proses penetapan tersangka, penggeledahan dan penyitaan sah atau tidak, ” ujar Kabiro Hukum KPK, Setiadi, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jumat (22/9/2017).

(Baca : Alasan Masih Sakit, Setnov Belum Bisa Penuhi Panggilan KPK)

Dengan demikian dalil-dalil pemohon bukan objek kewenangan hakim praperadilan, tapi tata usaha negara.

Setiadi menegaskan KPK memiliki keputusan pimpinan KPK nomor 572 yang bersifat final tentang pengangkatan anggota kepolisian dan kejaksaan. Karenanya keputusan pengangkatan anggota aktif memenuhi unsur keputusan tata usaha.

Menurutnya keputusan mengangkat pegawai aktif polri tentang pengangkatan PNS yang dipekerjakan di KPK memenuhi unsur tata usaha negara. Sehingga
hakim praperadilan tidak berwenang mengadili perkara a quo. Seba itu,  permohonan pemohon harusnya ditolak atau tidak dapat diterima.(rot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Maling Koper di Bagasi Pesawat Jadi Viral

Jakarta, Tengokberita.com-Hati-hati jika menaruh barang berharga di bagasi pesawat. Pasalnya, tangan-tangan jahil masih berkeliaran. Dalam ...

KPK : Permohonan Setnov Keliru

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0